19
Okt
08

AM saya jantan apa betina?

Pertanyaan:

Apakah AM saya jantan atau betina? Burung AM merah saya kepala nya sedikit kecil dan pernah beberapa kali ngeper ketika tangan di dekatkan

dan ketika dijemur sendirian, tapi beberapa kali saya ketemukan dengan anis merah yang bunyi dan lagi teler di Kios Aryo, dan juga AM tetangga saya yang lagi teler, AM saya tidak mau ngeper, menurut mas Aryo AM saya itu jantan karena tidak ngeper pendapat ini juga saya pernah baca entah di mana. Apakah ada pendapat pakar AM yang lain soal kasus ini.

(Samuel G Setiyadi)

Jawab:

Pak Sam,

Ada beberapa point yang bisa saya sampaikan menurut pengalaman selama ini:

1. AM betina pasti ngeper tapi tidak semua AM yang ngeper betina.

2. Ngeper untuk betina tidak selalu menunjukkan burung sedang birahi, tetapi sekadar untuk menarik perhatian (bisa jadi menarik perhatian makhluk di sekitarnya, termasuk pemeliharanya/ orang lain dsb).

3. Burung ngeper adalah burung yang sedang tidak dalam kondisi stress/takut.

4. Bisa jadi AM Anda betina dan ngeper sekali-sekali dalam kondisi ingin menarik perhatian orang; dan justru tidak ngeper ketika melihat AM jantan yang ngerol2 karena memang belum birahi atau justru takut2.

5. AM betina dan sedang birahi (dewasa, fit/tidak stress) pasti ngeper jika didekatkan AM jantan dewasa (apalagi bunyi).

6. Fisik AM tidak bisa dijadikan patokan untuk menentukan jantan/betina kecuali Anda pegang dan dilihat kloakanya sekaligus diraba tulang supitnya (dua tulang penggapit kloaka/tulang pinggul?). Kalau antar tulang supit relatif longgar sekaligus kloakanya besar/memerah, kemungkinan besar betina. Kalau sempit dan kloaka rapat, kemungkinan besar jantan atau bisa juga betina tapi masih muda.

7. Untuk mengujinya, bisa digunakan alat sexing-detection/ test-sexing meski tingkat keakuratannya hanya sekitar 75%. Atau bisa juga digunakan tali berbandul logam (untuk teknis pemakaiannya, sudah pernah dibahas di milis KM.)

8. Banyak AM betina juga bunyi. Ada yang variatif (paling tidak, kawan saya pernah punya karena terbukti kemudian dia nelor2 melulu; sayang waktu itu belum ada keinginan menangkarnya; sekarang sudah bablas nggak tahu dijual kemana…).

9. Tidak ada yang bisa memberi jaminan untuk kepastian jantan betina AM kecuali AM peliharaan lama yang telah dipastikan perilaku dan suaranya. Artinya, semua itu perlu waktu.

10. Itulah salah satu seni memelihara burung: Merawat dengan penuh tanda tanya… jantan…betina… berkicau… membisu…hidup…mati…dsb-dsb.

11. Sabar….

Semoga bermanfaat.

(Pindahan dari halaman Curhat):

AM saya jantan apa betina?
Salam kenal Mas Duto,

Sbnarnya kita dah pernah jumpa mas, di rmhe erik mlm hr, slain ngobrol ttg burung kita jg ngobrol ttg mancing. Hujan¬≤ gini apa ya msh mancing mas? yen msh yo ojo lali sangu krodong motif batik biar gak kedinginan hehe……………
Mau tanya mas, AM yg sdh dewasa (bkn trotolan), ciri² jantan/betina-nya dari apanya mas?
Mtr nwn atas infonya.
Salam,
@nDry

Jawab:
Hehehe, ketemu di dunia maya malah…
Lama nggak mancing nih Mas. Betul.. dingin.
Kalau bicara soal ciri untuk AM jantan-betina, di forum/web manapun, masih terdapat kontroversi. Ada yang bilang ininya lebih panjang, kepala lebih ceper, lebih bulat dan sebagainya. Jelas itu patokan yang sangat relatif karena kadang banyak juga betina yang postur tubuhnya lebih gagah, langsing, panjang dsb ketimbang yang sudah terbukti sebagai jantan.
Patokannya memang ada pada proposi bentuk secara keseluruhan. Jadi kalau tidak melihat secara langsung, ya sulit, Mas. Ini kemarin saya obrolkan dengan Gondrong (Endro, pedagang burung Depok).
Tetapi kalau benar pengin tahu, AM bisa dipegang dan ditanda itu supit urangnya Mas. Persis seperti LB, AM jantan supir urangnya sempit, paling lebarnya dua kali penampang lebar pentol korek api ( 4mm). Yang betina, sekitar 3-4 pentol korek api.
Kapan ketemu darat lagi? Atau mau ngobrol soal jantan betina AM? Rame-rame ke kiosnya Gondrong saja. Banyak referensi di sana. Gratisan juga, hehehehe.
Salam,
Duto


2 Responses to “AM saya jantan apa betina?”


  1. 1 heru
    05/01/2009 pukul 11:48 am

    Anis merah trotol ngleper ekor diangkat apa itu pertanda cewek?

    Jawab
    Bukan. Trotolan AM cowok-cewek suka ngleper meski antra satu dengan yang lain beda tingkat keseringannya.
    Kalau dewasapun, ada AM cowok yang ngleper, terutama kalau kondisi sedang tidak fit, misalnya sedang mabung dsb.
    Coba baca-baca lagi postingan tentang AM dan problemanya di kategori anis dan juga di forum curhat problem burung.

    Salam,
    Duto Solo

  2. 2 heru
    06/01/2009 pukul 9:46 am

    mas sy punya cucak ijo usia sekitar 1 tahun tapi sy kasih kroto tidak mau jakrik kadang2 mau tapi cuma doyan 1-2 ekor saja dan lama memakannya, kl pisang kepok mau .gimana caranya agar cucak ijo sy mau makan jangkrik dan kroto?

    Jawab:
    Kalau CI tidak suka kroto tidak masalah. Kadang kalau mengonsumsi kroto, CI malah mudah bodol bulu. Jadi tidak perlu cemas, enjoy saja.
    Untuk pemberian jangkrik, juga secukupnya saja, sebanyak apa dia mau makan.
    Kalau untuk tujuan menambah gacor (jika Anda memang pernah membuktikan bahwa CI Anda langsung gacor sesudah mau makan jangkrik dalam jumlah banyak), ya harus sabar memberikannya. Jangan langsung diberikan banyak dalam sekali pemberian.
    Kadang kita malah harus sabart seperti menyuapi bayi. Satu-satu.
    CI tertentu ada yang suka kalau kepala jangkrik sudah dihilangkan. Ada yang suka bagian dalam jangkrik, atau sebaliknya, hanya mau bagian luarnya saja.
    Kenali apa yang dia suka dari jangkrik dan berikan itu saja.
    Itulah seninya pelihara burung. Mengenali karakternya untuk menambah performanya.
    Salam,
    Duto Solo


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: