20
Okt
08

Agar terus suka ngicau, stop pakan sebelum kenyang

Ini adalah salah satu kiat perawatan burung harian yang mungkin sudah banyak diterapkan oleh para kicaumania, namun setahu saya tidak pernah dibahas secara detil.

Tulisan ini bertolak dari suatu asumsi (berdasarkan pengamatan atas perilaku burung dan juga manusia, hehehe) bahwa dalam kondisi kekenyangan, burung (dan juga manusia-lah) cenderung malas-malasan. Manifestasi malas2an ini, kalau burung ya nggak rajin bunyi, kalau manusia ya akan segera menuju kamar tidur lantas mendekap guling….

Dalam konteks burung, ada saran dari saya: berikan pakan ketika lapar dan stop pemberian sebelum kenyang (atau kekenyangan). Tapi perlu diingat, bahwa ini adalah pola perawatan bagi mereka yang “sempat” dan bisa konsisten.

Caranya, setelah burung mandi (pada pagi hari, kalau biasa dimandikan pagi) katakanlah jam 7, berikan pakan seperti sediakala. Selepas jam 9, keluarkan wadah pakan. Ini bertujuan agar burung tidak makan melulu setelah itu. Sekitar jam 12, baru wadah pakan dimasukkan lagi. Kalau siang biasanya diberi tambahan jangkrik entah berapa ekor misalnya, ya berikan seperti sediakala. Keluarkan lagi wadah pakan sekitar jam 13. Masukkan lagi pada jam 17-an atau setengah jam sebelum burung masuk peraduan. Dan keluarkan wadah pakan bersamaan dengan Anda mengerodong burung, atau kalau yang tidak biasa kerodong, ya pokoknya keluarkan wadah pakan agar burung tidak makan di malam hari.

Pola di atas memang tidak baku, terserah Anda bagaimana mengaturnya yang jelas tujuannya adalah agar burung tidak makan melulu dan kekenyangan. Burung yang selalu kenyang, selain relatif tidak rajin bunyi, juga gampang menjadi gemuk. Padahal kalau burung kegemukan, pastilah relatif nggak rajin bunyi.

Catatan:

  1. Pola pengaturan pakan seperti ini berlaku untuk burung dalam kondisi normal (tidak sakit/ mabung; tidak dalam treatment khusus menghadapi lomba dsb) dalam perawatan sehari-hari.
  2. Pola pengaturan pakan seperti ini mutlak diterapkan kepada burung2 jenis tertentu (dalam kondisi normal untuk perawatan sehari-hari) yang kerjanya kebanyakan makan melulu seperti kenari. Jangan biarkan sangkar kenari Anda selalu ada pakan di dalamnya, karena selama ada pakan, kenari tidak pernah berhenti makan. Atau, cukup letakkan pakan kenari 1 sendok makan (atau bahkan kurang) pada pagi hari (dengan asumsi masih ada sayur/buah, atau kadang malah telor puyuh dsb). Cukupkan itu untuk makan kenari dalam sehari. Kalau sore hari sudah kosong, biarkan saja. Dan baru diberi lagi pagi hari keesokannya.
  3. Terapkan ini secara konsisten, niscaya burung Anda yang seharusnya rajin bunyi tetapi angin2an, menjadi rajin bunyi.

Sekian, semoga bermanfaat.

(Artikel ini juga saya kirim ke http://www.kicaumania.org)


7 Responses to “Agar terus suka ngicau, stop pakan sebelum kenyang”


  1. 26/05/2008 pukul 11:35 pm

    terima kasih banyak atas ulasannya .klo boleh tau aq punya burung am udah ngeplong ko sekarang macet ??????gimana solusinya ?? nb: yg jelas bukan karena bbm naik lho macet nya ????? thank”s

  2. 28/05/2008 pukul 2:29 pm

    Coba periksa daftar penyebab di bawah ini:
    1. Mulai ngurak/mau mabung dengan tanda ada bulu halus mulai jatuh (dimulai 1-2 helai per hari, lama2 menjadi banyak).
    2. Berubah menu makanan/ pola pemberian pakan.
    3. Ada barang (burung) baru sehingga membuat Am tidak nyaman.
    4. Stress karena penyebab yang belum Anda ketahui.
    Untuk persoalan pakan, tolong cermati lagi tulisan saya di atas.
    Jika ada burung baru, jangan didekatkan dulu ke AM-nya.
    Jika stress karena penyebab yang belum diketahui, coba diingat2 lagi, apa gerangan yang berubah di rumah Anda/lingkungan burung.
    Menilik Anda bilang “AM saya sudah mulai ngeplong2 tapi…” berarti itu burung muda ya? Kalau iya, nggak apa2, karena itu kondisi normal pada AM muda yang belum stabil. Rawat seperti sediakan, penuhi kebutuhan pakan, mandi dan sinar mataharinya. Semoga kembali normal lagi.
    Salam.

  3. 3 voldo
    27/06/2008 pukul 4:08 pm

    saya tidak memberikan komentar pa…justru saya mau bertanya…bagaimana tips yang sederhana tapi tidak ribet merawat dan pemberian makan kenari…karena saya cukup sibuk tapi pengen kenari saya terawat juga…makanan apa yang kudu diberikan supaya bulunya bagus dan ngoceh sesering mungkin..kenari saya baru umur 1 bulanan..trimakasi atas masukannya…tolong di balas pa ke email saya

  4. 27/07/2008 pukul 11:21 pm

    Untuk persoalan yang lebih nlimet, Anda bisa masuk jadi member http://www.kicaumania.org
    Coba tengok web tersebut. Ramai kok forum di sana. Semua persoalan burung dibahas di http://www.kicaumania.org.
    Salam dan trims.

  5. 5 Ardyan sembiring
    31/10/2008 pukul 11:31 am

    mau nanya nich bos, saya punya MB, suaranya lumayan, tetapi masih agak liar dan agak jarang bunyinya, gimana supaya stabil?

  6. 31/10/2008 pukul 10:18 pm

    Untuk Om Ardyan:
    -Coba jinakkan lagi sedikit. Saya sudah menulis tentang tips menjinakkan burung. Coba cari dengan bantuan tombol searh dengan mengetik “menjinakkan burung”.
    -Kalau sudah relatif jinak, biasanya berani mulai gacor.
    -Pacu dengan perbanyak kroto (atau jangkrik kalaum kroto sulit).
    – Jemur yang cukup (pagi sampai jam 10-an; jangan di bawah terik siang hari).

    Salam.

  7. 7 Erwinsyah
    23/12/2008 pukul 2:19 pm

    Mas..mo tanya gmana caranya merawat kenari agar rajin mengoceh..trus kemarin saya beli anak kenari gmna membedakan keari janta dan betina dengan pandangan saya orang awam dalam hal burung..

    Jawab:
    Coba baca perawatan umum tentang burung dan perhatikan pada bagian yang membahas kenari (soal pengaturan pakan). Bisa dilihat di sini dan di sini.

    Untuk membedakan kenari jantan apa betina. Coba baca bagian bawah dari tulisan di sini.
    Oke Om?

    Duto


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: