24
Okt
08

Agar AM bunyi sehabis mabung

Tanya:

Om Duto minta tlg

Saya punya am 20 ekor; 12 trotol umur 1.5-3 bln pada mau ngeplong.sekarang pada turun cuma ngriwik dan ngeplong sekali sekali. 5 ekor habis mabung ngriwik ngakmau ngeplong. Saya hampir frustasi dibuatnya.sebelum mabung teler dan sering ikut latber.treatmen buah sawo dan multivit gacor sedang saya jalani 2 minggu tapi blm ada hasilnya.tolong diberi gambaran apa yang mesti saya coba lakukan sama amku.

Trims atas perhatiannya.

Dadan29

(Pertanyaan melalui PM)

Jawab:

Yang 12 habis trotol, itu normal2 saja.

Yang 5 habis mabung (berarti dah umur), maka perhatikan apakah sudah tuntas mabungnya. Lihat, kalau masih ada bulu yang belum pecah, berarti belum selesai mabungnya. Tunggu pulih total sebelum di-treatment macam-macam apalagi dijemur.

Kalau sudah selesai total mabungnya, bisa mulai dijemur bertahap.

Nanti akan ngeplong dan neler lagi. Sabar saja.

Multivit gacornya nggak akan fungsi kalau belum selesai betul mabungnya.

Tetapi kalau sudah tuntas-tas kok nggak mau juga ngeplong, beri suplemen metabolisme. Saya ada metabolisme dulu beli dari drh Jatmiko Jogja. Bisa kontak saya/sms jika memang perlu metabolisme itu.

Okey ya. Sabaaar.

Salam,

Duto

Iklan

2 Responses to “Agar AM bunyi sehabis mabung”


  1. 1 edy
    08/01/2009 pukul 5:30 pm

    Om, saya mau minta tolong nih…
    di rumah saya ada 2 anis merah, yang satu sudah bunyi teler dan yang satu lagi dapat dari temen saya yang katanya pernah bunyi ( macet ), tapi saya ragu apakah benar AM itu pernah bunyi apa enggak, minta petunjuknya dong Om, mengenai ciri AM sudah pernah bunyi apa blom…
    Trim’s ya..Om.

    Jawab:
    Dalam sebuah diskusi di forum AM kicaumania.org pernah disebutkan bahwa burung yang sayapnya cenderung terlihat turun merupakan pertanda bahwa burung itu pernah bunyi. Tetapi menurut saya, itu tidak pas. Masalahnya, bunyi seperti apa yang berkaitan dengan turunnya sayap? Apakah sekadar ngriwik, ngeplong atau sudah gacor dan teler?
    Burung AM jantan dewasa tangkapan hutan kan secara logika sudah bunyi di alamnya sana. Tetapi kenyataannya di pasar2 itu, AM tangkapan hutan terlihat sayapnya tidak turun, atau minimal sama dengan AM pada umumnya.
    Jadi tidak ada patokan yang pasti untuk mengetahui apakah AM sudah pernah bunyi atau belum.
    Tetapi, soal AM Anda, nggak usah dipusingkan soal pernah bunyi atau belum. Yang jelas, rawat saja dengan baik dan ketika nanti kondisi fit, coba dekatkan dengan AM yang sudah gacor. Kalau dia hanya ngleper2 tetapi tidak ngidang-ngidang (nyendok-nyendok), maka kemungkinan besar dia betina dan kemungkinan kecil mau bunyi ngeplong apalagi teler (meskipun dalam berbagai kasus ada AM betina yang mau berkicau bahkan teler).
    Coba rawat saja dulu ya, dan ceritakan nanti perkembangannya seperti apa.
    Salam,
    Duto

  2. 2 yudi
    07/02/2009 pukul 9:47 pm

    met malem Om. boleh tanya yah, suplemen metabolisme utk AM pasca mabung tapi ngga mau ngplong apa sih? sy baru beli Am yg baru kelar mabung. menurut pemilik lama, ini mabung yg ke-2.waktu selesai mabung pertama, katanya sih AM nya dah teler. apa iya bisa Om? dah 3 hari sy pegang, tp koq ngriwik aja ngga’. tolong infonya Om. trima kasih.

    Jawab:
    Memulihkan kondisi AM habis mabung, dibanyak mandikan saja. Dengan banyak mandi, dia akan banyak mengeluarkan energi dan karenanya membuat burung singset/ bulu rapat juga. Kalau sudah dalam kondisi fit, biasanya AM teler akan bunyi/teler lagi.


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: