24
Okt
08

Anis Kembang mandek bunyi karena bising

Tanya:

Malem Pa Duto.

Saya Steefen, mo tanya soal AK. Saya baru dapet AK kemaren, kata temen saya sih (yang jual) AK udah sempet ngerol tapi karna di depan rumah dia agen minyak tanah yang kalo nurunin drum ribut banget jadi ngerol nya mandek.

nah sampe sekarang AK nya gak mau bunyi. Saya coba kerodong pas malem dia krapyakan.. Saya coba taro di dalem rumah dan lampu di matiin eh dia krapyakan juga, saya jadi bingung?!?

Untuk perawatan yang saya lakukan sekarang sih, pagi mandi keramba lalu jemur +- 2jam; EF nya kroto, jangkrik 2, apel. sore jangkrik 2.

Oh ya di rumah juga ada burung tledekan (sangkarnya bersebalhan), cucak jenggot, crocokan (ini punya pembantu saya).

Katanya burung itu baru satu kali mabung, tapi kok ngirik aja jarang banget. Gimana ya Pak solusinya, apa ada obat yang bisa bikin burung rajin lagi? Atau gmn threatment yang benar buat AK?

Mohon bantuannya pa.

(Pertanyaan lewat PM di http://www.kicaumania.org)

Jawab:

Salam,

Kalau soal perawatan nggak ada yang salah itu. Tetapi kalo soal dulu ngerol lalu macet, memang banyak kasus seperti itu. Cuma apa benar pernah ngerol atau belum, itu yang jadi pertanyaan.

Terlepas dari semua itu, coba kalau mo latih kerodong, jangan diletakkan di kegelapan.

Sedangkan soal usia baru sekali mabung, maka apa ya benar sih pernah ngerol. Biasanya AK ngerol bagus kalau sudah mabung kedua, kecuali AK2 tertentu yang memang bagus secara kualitas indukan (biasanya hasil tangkaran atau pelihara sejak usia meloloh).

Coba kalau sempat dan ada, pinjam AK atau AM betina punya kawan untuk ngecas barang sebentar untuk melihat reaksinya. Kalau dia nyendok2/ngidang2, maka dia jantan dan bisa diharapkan terpancing untuk bunyi begitu ada AK betina.

Untuk perawatan sudah betul-lah, tetapi bisa dicoba tambah EF cacing sehari 2 ekor (kecil saja).

Saya tunggu kabar berikut. (Duto)


1 Response to “Anis Kembang mandek bunyi karena bising”


  1. 1 rachmad
    26/12/2008 pukul 11:39 pm

    apa ada buku kusus ternak love bird.

    Kalau minat, nanti saya bikin e-book deh soal menangkar LB.
    Tks.
    Duto


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: