24
Okt
08

Kenari macet bunyi pasca kawin

Salam kenal,

Om Duto saya mau tanya , saya punya kenari pernah juara latber beberapa kali terus ketika mau ganti bulu burung tersebut saya kawinkan dan sekarang ada anaknya 3ekor, permasalahannya setelah saya cabut dari betina kenapa jadi macet dan gak ada suaranya,

Kedua mau nanya antibiotik/ atau obat untuk mencret pada burung yang bagus apa ya om?

Tolong kasih pencerahan dan solusinya

salam

terima kasih

Edi Utoro Bontang Kaltim (pertanyaan melalui PM)

Jawab:

Burung nggak bunyi karena nggak birahi. Tidak birahi bisa karena kegemukan, stess (terpisah dari pasangan dll), dlsb.

Coba diberi multivitamin untuk burung. Atau coba beli A******* (obat penambah nafsu makan untuk bayi) cari di apotek, banyak. Berikan satu tetes untuk satu wadah minuman kecil. Setiap tiga hari sekali sampai burung mau bunyi.

Antibiotik secara umum saya menggunakan Anectin Sol. Saya tidak tahu apakah di tempat Anda ada obat itu. Saya mendapatkannya dari drh Jatmiko Jogja.

Untuk mencret, air minum bisa dicampur teh (yang bening saja dulu karena saya khawatir burung malah bebelen/ sulit buang kotoran).

Kalau sedang ditreatment A*******, berikan air teh pada hari ketika tidak diberi A*******.

Coba ya.

Semoga membantu,

Salam,

Duto


1 Response to “Kenari macet bunyi pasca kawin”


  1. 1 puguht
    28/10/2008 pukul 3:34 pm

    Bos kenapa kenari saya tiba-tiba mati.


Tinggalkan Balasan

