16
Nov
08

Apa itu cucak ijo super?

Tanya:

Gmn sih yang disebut cucak ijo super..trus ciri2nya gmn? warnanya gmn? kok ada yang jual C. Ijo super…. atas penjelasan rekan2 KM matur nuwun….( Ali Hendro)

Jawab:

Hehehe….

Itu tergantung yang punya Pak.

Mau nyebut CI super atau top, atau topmarkotop dsb, ya suka2 saja. Sebab, CI selama ini kan penyebutannya berdasarkan asalnya, misalnya CI jember/banyuwangi, CI sumatera, CI blora dsb.

Kalau penyebutan super, biasanya menunjuk pada jenis CI yang bodynya bongsor, umumnya dari daerah Banyuwangi/Jember. Umumnya, CI tubuh besar suaranya kebanyakan ngebas dan jarang mengeluarkan suara isian yang melengking2 (cililin atau jangkrik, misalnya). CI bongsor, misalnya, mudah menirukan suara aseli MB, CR dsb. (Duto)


7 Responses to “Apa itu cucak ijo super?”


  1. 1 trilingga
    13/09/2008 pukul 11:22 am

    TANYA:
    gmn sih caranya supaya CI bisa receh & bunyi terus (jueh) Masalahnya CI saya kurang receh le bunyi.respnya gmn,trs kasih makan apa??

  2. 17/09/2008 pukul 1:32 pm

    Coba berikan EF (extrafooding) yang banyak. EF yang bagus untuk CI ya jangkrik. Untuk memberikan jangkrik ke CI memang gampang2 susah karena biasanya kalau diberi langsung 4-5 ekor misalnya, hanya akan dimakan 1 atau 2 ekor saja sementara yang lainnya dibuang (diecer2).
    Nah untuk itu perlu ada kesabaran. Coba berikan satu per satu. Pertama, beri satu jangkrik yang sudah dihilangkan kaki2nya. Tunggu sampai dimakan habis. Setelah itu, sodorkan jangkrik kedua dan begitu seterusnya. Berikan sampai CI benar2 sudah tidak mau makan.
    tambahan, kadang ada CI yang nggak mau diberi jangkrik yang masih ada kepalanya. Oleh karena itu, berikan jangkrik dengan cara di atas tetapi hilangkan bagian kepalanya.
    Untuk diskusi lebih lanjut, silakan gabung dengan saya di http://www.kicaumania.org.
    Salam,
    Duto

  3. 3 buchori
    03/01/2009 pukul 9:59 am

    OM. AKU PENGIN BURUNG CUCAK IJO (CI)
    CIRI CIRI BURUNG CI YG BAGUS GIMANA , TRUS YG ASALNYA DARI MANA .
    APA SEMUA BURUNG CI. PADA SAYAP NYA ADA BULU YG WARNANYA KAYA PELANGI APA JENIS TERTENTU TOK?
    BILA CI SERING TURUN KEBAWAH KANDANG, ITU PENYEBABNYA APA & BISA DISEMBUHKAN PA GA? CARA PENYEMBUHANYA GI MANA ?
    MOHON PENJELASAN NYA, THNKS

    Jawab:

    Untuk pertanyaan dan jawaban, saya pindah di tulisan tersendiri. Untuk menemukannya, ketik “cucak ijo” di kotak pencarian… dus ketemu dah. Salam.
    Duto Solo

  4. 4 buchori
    05/01/2009 pukul 10:33 am

    Makasih yah Om ,,, atas masukanya tentunya sangat bermanfaat bagi saya. o. ya om ci jika dikasih temen burung ocehan baguse ap? sama kacer cocok pa ga? biar bunyinya bisa saur-sauran. kan rame heeee. ,,,,. Tapi juga ga ngurangi saat tarung. kalo masteran ak sh pake kaset aja biar ga kebanyaken burung di rumah. thnxs sebelumnya.

    Jawab:

    CI (cucak ijo) nggak pas ditempel kacer, sebab kedua-duanya burung yang perlu dimaster (diisi suara burung lain) misalnya ciblek, jalak suren, LB, cucak jenggot, cililin dsb.
    Kalau mau pengin sederhana dan efektif, pakai masteran kaset suarat ciblek, LB dll itu atau menggunakan sonic master.
    Begitu Om…
    Salam,
    Duto Solo

  5. 5 buchori
    06/01/2009 pukul 2:02 pm

    om aku seorang pemula burung kicauan, punya burung aja baru kali ini.
    om. ak pengin beli burung yg bunyi nya enak perawatan nya mudah terus punya dua aja udah rame mohon masukan ya burung apa & apa ?”
    sebenernya ak dirumah udh ada ci tapi kalo temenya seperti di sebutin di atas ak ga suka, masalah nya bunyinya monoton
    terus minta solusi nya ya om,, thnxs

    Jawab:
    Kalau mau sedikit bising, bisa cari jalak suren. Mudah perawatannya.
    Kalau mau sedikit nglaras, yang juga mudah perawatannya, ya cari kenari.
    Mudah perawatan, tetapi bisa suara variatif, ya branjangan.
    Secara keseluruhan, biar tidak stres justru karena burung, silakan baca dulu tulisan saya tentang “cegah hobi burung menjadi belenggu”.

    Salam,
    Duto Solo

  6. 6 buchori
    08/01/2009 pukul 11:58 am

    Siang om… ,
    om, tolong kasih tips agar burung cocok ijo bisa tampil mengkilap pada bulunya, masalahnya CI ku bulunya kusam. thnxs.

    Jawab:

    Untuk masalah bulu kusam, saya jawab di tulisan tentang “Bagiamana membuat bulu burung berkilau?”. Di klik saja itu Om.

    Salam,
    Duto

  7. 7 pipolondo
    07/02/2009 pukul 11:28 am

    om, saya punya saya kok polah terus ya kalau di adu ….padahal porsi makan sudah saya kurangi.,.,

    Jawab:
    Lho kok dikurangi bagaimana? Memang, yang penting dalam pemberian pakan adalah jangan sampai kekenyangan. Cuma dalam kasus CI, barangkali asupan ekstra foodingnya yang kurang. Coba jangkriknya ditambah porsinya.


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: