16
Nov
08

CI, makanan dan stress

Tanya:

TOLONG….gimana caranya supaya CI saya gak pulih dari stress nya, kejadiannya gara2 mau di mandiin ternyata dari blakang tempat du2k saya seekor kucing udah ngincer dar tiba2 si kucing itu langsung lari mau ngejar CI dalam sangkar n untungnya sempet ketauan n si kucing pegi lari entah kmana

setelah kejadian itu CI jadi diem cman duduk santai sambil bunyi pelang(ngriwik2 aja),gimana penanganan CI kalo kondisi seperti ini yah?

yg sudah saya lakukan, kroto tiap pagi + jangkrik (4 ekor) dan sore jangkrik (4 ekor) dan mlm saya tutup cover, smentara kalo pagi mau ngantor tu2p cover saya buka dan saya gantung kaya biasanya deket sama MB n Knari?

mohon bantuan n pencerahan dari master2….(Nanda)

Jawab:

Kalau benar dia jadi begitu karena faktor kucing, maka sebaiknya dia dikarantina sampai “benar-benar lupa sama kucing”. Gantungkan selalu di tempat di mana tidak ada kucing bisa muncul dan memperlihatkan diri ke CI.

Kalau Anda ke kantor, pastikan daerah burung anda bebas dari penampakan kucing (hiiiiiiiiiii). Nah itu adalah terapi psikisnya.

Untuk terapi fisiknya (biar pengaruh ke piskis) genjot dengan ekstra fooding kesukaan CI tersebut. Dan CI biasanya senang jangkrik. Genjot dengan jangkrik sebanyak dia masih mau. Pisang kepok (putih) jangan lupa. kalau mau, kadang2 diberi apel (yang masir/berpasir) dan/ atau buah per.

Kalau perlu, berikan tambahan minuman anti-stress (meski sebenarnya hanya kumpulan vitamin dan mineral).

Oh iya. Untuk memulihkan benar2 mentalnya, jauhkan dulu dari situasi “head to head” dengan burung lain. (Duto)


Tanya:

Wah trima kasih banyak sarannya om, pisang masih terus di kasih n voor ijo yg anti stress juga saya kasih,klo malem aja atau skalian siang harus di tutup cover sangkarnya? atau cukup di asingkan dari MB n knari yg ada di rumah selain kucing?

Posisi skr saya gantung berdekatan n cman ngriwik2 aja beda sama sebelum ada si kucring liar itu. (Nanda)


Jawab:

Pertimbangkan saja soal covernya itu perlu atau tidak. Hanya saja harus dicatat bahwa kerodong yg agak gelap cenderung bikin CI tertidur. Memang aneh sih CI itu. Gelap sedikit saja langsung tertidur.

Saran saya soal penempatan burung, CI jangan didekatkan dengan MB. Nggak saling ngisi suara bagus, malah saling nyontek suara asli masing2. Padahal, suara asli MB dan CI itu sama2 “nggak laku” di mata juri, otomatis di mata para kicaumania juga begitu. (Duto)


0 Responses to “CI, makanan dan stress”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: