18
Nov
08

Q-A Penangkaran LB (1), Sangkar dan Gangguan

gambar-11gambar-23gambar-32gambar-42gambar51gambar-61

Gambar-gambar penangkaran LB milik saya, tahun 2004:
Foto: LionKing/Reggy

Tanya Jawab Penangkaran Lovebird (LB) ini adalah tanya jawab saya dengan kawan-kawan di Forum MPZ (almarhum) kemudian di-update di http://www.kicaumania.org dan saya turunkan di sini. Semoga bermanfaat.

Pertanyaan dan komentar:

Pada sangkar kenari itu,..memang ada dua pintu ya,..(kalo ga salah lihat),..maksudnya apa Mas?..Jga mo nanya,..apakah penempatan sangkar kotak besi yang ditempel rapat ke sudut pada tembok,…saat penangkaran/pengeraman,..apa gak mengundang semut,.cicak,..etc…yg akan mengganggu proses pengeraman/ meloloh piyikan..?
Piyikan LB yg ada di besek yg ditunjukan di foto itu,…memang sengaja dilepas asuh sama induknya, apa.nantinya dimasukan lg ke kotaknya..?

Upsss semangat neeh nanya terus,….kandang yang sedang dibuat (ada orangnya),..rencana mo buat nangkar apa,…?..atau kandang pembesaran piyik2 LB/ kenari…? (Syaiful)

Jawab:
Dua pintu, satu untuk jalan keluar-masuk makanan dll. Satu pintu adalah pintu kotak tempat burung nelor/bersarang. Jadi berfungsi sebagai pintu kontrol.
Nggak ada gangguan tuh meski ditempel di dinding. Semut juga terlihat, tetapi nggak mengganggu.
Anakan yang saya tunjukkan itu saya masukkan lagi ke kotak. Maunya saya loloh sendiri, tetapi kasihan melihat indukannya pada mlolor mencari anakannya, akhirnya saya masukkan lagi. Indukan tetap mau meloloh karena semua LB saya, sudah saya kondisikan untuk tidak kagetan (tipsnya menyusul).
Itu kandang yang ada orangnya, juga kandang LB. Cuma yang deretan berikutnya, ada yang kosong 5 kandang, bekas kandang jalak suren (terjual n buat beli indukan2 LB), kandang pasangan AK dan murai batu.
Orang yang ada di kandang itu sedang ngambil anakan LB kuning krem untuk dijadikan foto model dengan fotografernya Pak Reggy hehehehe.
Terima kasih. (Duto)

Komentar Om Reggy;

Saya bantu jawab ya mas Sjaiful,
Piyekan yang difoto itu sengaja dikeluarin sama mas Duto untuk difoto, kemudian dimasukkan lagi ke sangkarnya.
Kiatnya Mas Duto untuk pelihara piyikan, dari sebelum bertelur sangkar pengeraman setiap hari dibuka sama Mas Duto, setelah ada telornya, telurnya dikeluarin lalu dimasukin lagi. Begitu seterusnya sampai dengan piyikannya.
Makanya LBnya tenang2 aja walaupun sudah bau tangan manusia.
(Reggy/Lion Ling)

Tanya:
Arti keluarin telor/piyikan? Dikeluarin dari kotak/gowoknya apa benar2 dikeluarin,..(atau cuma dgn gowoknya aja dikeluarin dari sangkar hanya u/ dilihat dan ngelatih biar bau tangan ga bikin kaget si induk..! Gimana kalo kondisi telor,..kalo dipegang2 itu apa ga malah bantet/busuk,..ga bakalan netes..!! Kalo iya piyikannya aja yg dikeluarin see its Ok gpp,..biar nantinya si induk paham kalo anakannya dach bau tangan tetap diloloh juga. (Syaiful)

Jawab:
Hahaha, kayaknya Mas Syaiful penasaran nih. Ya memang benar2 saya keluarkan untuk dilihat2. Buktinya netas tuh Mas.
Soal telor kena tangan itu nggak bakalan membuat busuk kecuali bentet/lobang. Tangan basah juga gpp toh meski sedang ngeram, LB juga masih suka mandi.
Begitulah memang Mas. (Duto)

Bersambung…..

About these ads

0 Responses to “Q-A Penangkaran LB (1), Sangkar dan Gangguan”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: