18
Nov
08

Q-A Penangkaran LB (10), Pindah Kandang


Tanya:

Apakah LB mutlak diberi air dalam wadah besar? Bagaimana soal pemindahan dari satu kandang ke kandang lain?

Jawab:

Untuk LB, tetap saja dikasih air di wadah yang besar. Suatu ketika pengin mandi, sudah tersedia.
Pemindahan kandang (asal terbiasa) nggak jadi masalah. LB saya yang ada di kandang tunggal itu, pindah tempat 3 kali selama ngeram nggak masalah, netas-sehat. Cuma sebaiknya kalau pas ngeram nggak usah dipindah2 karena risiko telor pecah.
Begitu anak bisa makan sendiri dan diangkat, maka sekitar sepekan sampai 10 hari (indukan dalam kondisi normal), indukan itu sudah nelor lagi.
Tks sama2.
Salam. (Duto)

Tanya:

Mas Duto,kira2 umur berapa piyek LB baru bisa dipasang ring? Saya coba umur 2 minggu, bisa masuk tapi lepas terus akhirnya tidak kepasang tuh ring karena lepas dan tidak bisa dipasang lagi karena kakinya sudah besar kasihan kalau dipaksa.
Apa ukurannya yang salah ya, umumnya ukuran berapa Mas. (Fortuna)

Jawab:
Ya umur 2 mingguan itu Pak. Kalau pasang ring lepas terus, coba setelah ring dipasang, ikatkan kain lembut di kaki LB di bagian bawah ring dan kain itu diisolasi. Fungsinya sekadar sebagai penahan agar ring tidak lepas2 terus. Setelah kaki LB mengeras (usia di atas 21 hari) segera saja kain dilepas agar pertumbuhan kaki LB nggak terganggu.
Untuk ukurannya, saya tidak tahu pasti berapa milimeter ya. Yang jelas lebih besar ketimbang MB dan lebih kecil ketimbang JS.
Demikian Pak. Salam. (Duto)


Tanya:

Saya punya sepasang LB tapi kurang suka makan jagung, kangkung n toge…… apakah ini normal?
Sekarang sih mereka tidurnya didalam 1 gowok bersama-sama……. jadi gmn dong tuk ningkatin birahinya wong makanannya aja cuma biji2an? Apa perlu tak kasih kuku bima he he he.
Mohon pencerahannya ya om… Matur nuwun (Rayva).

Jawab:

Coba ditambah biji bunga matahari di pakannya mungkin mau dimakan,kalau tidak mau ya terpaksa kasih kuku bima ha ha
Salam (Fortuna)

Komentar:
Ok Om Fortuna…. tar saya coba deh…. kasih biji bunga matahari.
Oh iya, kemarin saya coba kasih 1/2 telur puyuh eh disikat tuh telur ampe ampir abis, ngaruh ngga’ om?
Apakah pemberian telur ini berbahaya maksudnya tar kalo LBnya nelor, eh tu telor di makan juga. (Rayva)

Jawab:
Hehehe, kuku bima? Ya boleh2 saja, terutama untuk yang melihara.
Biji bunga matahari juga bagus. Cuma perlu diperhatikan bagaimana posisi kandang, apakah benar2 bisa bebas semut karena semut suka sekali dengan biji bunga matahari.
Jagung atau sayuran nggak perlu dipaksakan kalau dari kecil memang nggak biasa.
Telur nggak bahaya, malahan bagus itu kalau LB suka telor, sebagai penambah protein terutama untuk LB tangkaran. Cuma jangan banyak2 ntar kegemukan dan sulit nelor.
LB nggak akan makan telor sendiri, apalagi kalau di sangkar nggak disiapin kompor dan air untuk ngrebus telor sendiri hehehehehehe.
Selamat menangkar… (Duto)


0 Responses to “Q-A Penangkaran LB (10), Pindah Kandang”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: