18
Nov
08

Q-A Penangkaran LB (2), Gangguan

Tanya:
Kandang yang sedang dibuat itu untuk apa mas? Kelihatannya kandangnya nggak ada semutnya tuh. Ngomong2 bagaimana caranya supaya semut tidak banyak dikandang ya, sudah dibersihkan dan dikasi obat, masih ada saja mas. Apa tangkap satu terus kepalanya dikasi tipex ya biar dikira CPM he he. Terima kasih dan salam. (Fortuna)

Itu daun kangkung Pak. Kalau untuk nangkar, kangkung diambil daunnya saja, sebab kalau sama batangnya, biasanya lalu dibikin sarang meski kondisi basah. Akibatnya, ya busuk. Kalau untuk LB masteran, kasih kangkung sama batangnya juga gak apa2.
Itu bukan kandang yang mau dibuat. Itu kandang bekas jalak suren.
Kalau sekadar mau titip untuk dibesarkan/diternakkan di Solo juga boleh. Nanti Pak Laurent berurusan dengan anak yang biasa pelihara saja dan tentu saja uang “kost” dan biaya konsultasinya hahahaha.
Semut nggak usah dipusingkan. Di kandang saya juga ada. Tinggal usahakan agar semut tidak mengganggu pakan. Tergantung desain tempatnya.
Semut nggak usah diusir karena dia juga bertugas membersihkan potongan2 jangkrik dan sekaligus mengusir rayap. Di hutan juga banyak semut, tetapi burung2 juga nggak stres kok. Kalau kandang banyak semut, kan hanya kita (manusianya) yang stress. Hahaha. Salam. (Duto)

Tanya:
Met kenal nih om…..
Saya dulu pernah coba ternak LB (warna spt gmb 2) tapi kok ngga’ hasil yah…..
Kandang besi bekas kandang kucing anggora (ukuran +/- 2L x 1Px 1T) juga saya taruh sarang eraman…
Di luar rumah dekat kandang itu banyak tikus sliweran.. Apa hal ini berpengaruh dalam ternak?
Mohon pencerahan ya om. Regards. (Rayva)

Jawab:
Kandang itu sudah lebih dari cukup. Sarang eramannya dari apa/bentuknya seperti apa? Difoto yang dikirim Pak Reggy itu, ada terlihat kotak berlobang kan, ya itu sarang LB yang di dalamnya dikasih potongan2 rumput jepang kering.
Tikus banyak? Di kandang saya, juga sering banyak tikus berseliweran. Nggak apa2, toh kandangnya terbuat dari kawat/besi.
Banyak faktor untuk kesuksesan ternak LB. Soal pakan, nggak begitu rewel (standar saja) tambah jagung untuk nambah proteinnya, hijauan (daun kangkung), dan asinan (pecahan batu bata/cangkang cumi).
Yang penting lagi adalah jodoh. Ini faktor yang sangat menentukan. Makanya kalau beli LB untuk ditangkar, cari yang sudah jodoh saja biar nggak kelamaan nunggu.
Untuk tips lainnya, saya berikan sambil jalan sementara Anda (kalau serius) menyiapkan kandang/sarang yang representatif (murah2 saja kok dan nggak njelimet).
Salam. (Duto)

Tanya:
Welehhhh…justru enggak berhasil Mas…semut masih aja berseliweran dgn cueknya terutama utk pisang buat CR dan CI. Banyak buangggggeeeeetttttt. Untungnya pegawai di sana rajin hingga tidak segan2 utk membersihkannya.
Btw…mungkin mas bisa ulangin caranya.. karena tidak semua yg mas ceritakan tidak terekam dgn baik…khan Mas udah paham ama saya….amanat Mas Laurent aja bisa kelupaan heheheheheheh. Thx mas…
Note : kalau mau main ke farm saya yach silakan, tapi tolong jgn menghina..karena tempatnya benar2 kumuh….silakan cross check ke Mas Yulpri ttg sikon jalan dan kehidupan di sana, kebetulan tempat tinggal beliau kira2 20 Km menuju farm saya. (Irlan)

Jawab:
Wah berarti Mas Irlan nggak memperhatikan desain wadah pakannya ya. Pasti yang dipikirkan saat di Solo cuma bagaimana segera nyampai Jakarta, memasukkan ke kandang besar, bisa nelor, miyik dan segudang impain lainnya tanpa memperhatikan detail pemeliharaan hehehehehe.
Sederhana kok caranya agar pakan nggak didekati semut: Pakukan wadah pakan yang terbuat dari plastik di ujung kayu (ukuran tebal kira2 3 x 3 cm, panjang 75 cm-100cm). Ujung lainnya ditanam di ember/ pot plastik yang berisi semen cor (plus batu2 kecil) yang masih basah. Semen n batu2 kecil dicorkan sampai setengah ember dan sisakan setengah ember bagian atas. Kalau sudah kering, berdirikan dengan ember di bagian bawah. Isi setengah bagian ember bagian atas dengan air. Maka pakan yang ada di wadah nggak bakalan didekati semut. Sederhana memang, tetapi sangat efektif membuat pakan/extrafeeding burung tangkaran bebas semut.
Salam (Duto)


0 Responses to “Q-A Penangkaran LB (2), Gangguan”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: