18
Nov
08

Q-A Penangkaran LB (3), lanjutan Gangguan

Tanya dan komentar:
Kalo bole urun ide… kalo di tempat saya…. spy tempat makan extra fooding ga digauli semut, saya memakai tempat makan dari plastik yg lonjong. Lalu saya tempelkan/lem sedemikan rupa pada nampan plastic, kemudian setelah itu nampan kita isi air jadi sekalian bisa dipake padusan ama burungnya. (Dolphinrd)

Jawab:
Ide bagus juga itu. Hanya saja, menurut saya, itu berisiko airnya yang kotor (karena pasti kena kotoran burung) keminum burung atau malah (seperti Anda bilang) untuk mandi. Besar pula kemungkinan pakan terciprat air. Ini bahaya karena dalam kondisi lembab, hanya dalam waktu semalam saja wadah pakan/pakan sudah ditumbuhi jamur.
Trims. (Duto)

Tanya:

Saya mau tanya lagi, mengenai kelembaban kotak sarang, apa boleh kita semprotkan dengan air (kotak luarnya). Salam (Lucky)

Jawab:
Nggak perlu. Dengan Anda menyediakan air di wadah yang cukup bagi LB untuk mandi, maka dia akan mandi dengan sendirinya kalau secara naluriah dia merasakan udara kurang lembab. Atau kalau Anda sediakan daun kangkung, maka dia akan memasukkan daun kangkung basah ke dalam kalau merasa kurang lembab.
Artinya, kelembaban nggak perlu kita rekayasa karena mengukur kelembaban ideal bagi penetasan LB juga sulit (beda dengan kelembaban dalam kotak mesin penetas telor).
Demikian. (Duto)


4 Responses to “Q-A Penangkaran LB (3), lanjutan Gangguan”


  1. 1 aryoudha
    23/01/2009 pukul 10:29 am

    salam mas, pagi ini aku kaget liat telur LB saya berada di bawah kandang dengan kondisi pecah(ada bekas patukan) kalau tersangkanya yg pasti LB itu sendiri, apa penyebabnya LB bisa seperti itu mas??
    kalau LB saya memang seperti itu tabiatnya, apa ada cara untuk mengatasinya mas???
    makasih
    salam

    Belum tentu LBnya yang matuk. Bisa jadi diangkut sama cecak. Kalau memang LBnya berarti ada gangguan saat malam atau bisa juga LB kekurangan grid atau makanan berkapur. Di dalam sangkar bisa ditambahi totok cuma (yang biasa untuk perkutut) sebagai asinan dan menambah grid.
    Juga, masa-masa nelor pertama kadang banyak kendala. Nggak apa-apa, dilanjutkan saja ngrawatnya.
    Kalau nangkar mudah dan sekali langsung tokcer kan semuanya lantas jadi penangkar, hehehehe.

    Salam,
    Duto Solo

  2. 2 aryoudha
    24/01/2009 pukul 1:52 am

    kalo cicak dijadiin tersangka, saya agak sangsi mas. kenapa, karena jarak lobang kotak dg dasar kotak dan tempat jatuh telur sangat jauh. dan saya boleh dikatakan rajin memperhatikan kandang LB(malam hari aja ampe 3 kali perhatiin terakhir jam 3malam)hem tapi tidak ada yang nggak mungkin ya mas, untuk sementara cicak dijadiin saksi aja dulu.hihihih
    ok besok saya kasih totok deh LB saya
    bener juga pendapat mas duto,setiap usaha pasti ada ada cobaanya, apalagi bagi pemula seperti saya
    menu makanan buat LB yang nelur dan ngeram bagusnya apa aja mas??
    makasih
    salam

    Jawab:
    Nah Om sendiri sih yang keterlaluan, masak malam2 bertandang ke rumah “orang” pastilah orang lain jadi terganggu.
    Agar LB nyaman untuk nelor dan ngeram, jangan terlalu banyak diganggu apalagi malam hari. Burung bisa bertingkah aneh-aneh, sepertinya lantas mau ngungsi membawa telornya ke negeri antah berantah…..
    Kurangi gangguannya ya…
    Menu sama dengan menu harian. kan sudah saya tulis.

    Salam,
    Duto Solo

  3. 3 aryoudha
    25/01/2009 pukul 12:17 am

    hah?? jadi saya mesti mengurangi aktifitas rutin saya ke LB yang sedang bertelur ya ???
    kalo boleh tau sehari berapa kali aja saya boleh melihat dari dekat sarangnya ???
    kalo nggak salah kemaren mas ada ngasi tau, bahwasanya mas setiap hari mengelus,elus telur LB,jangan sampai ngelompat-lompat harinya malah jadi terganggu. dan kalo bisa LB jantan udah jinak dg kita ???
    aduh tambah ruwet nih mas,
    kalo malam hari saya hanya melihat-lihat aja mas, siapa tau ada ganguan hewan yg bisa mengancam keselamatan LB saya
    lagipula saya sangat rutin ke kandang LB saya, apalagi ke dua putri saya mas.
    gimana neh jalan keluarnya mas ??
    maksud saya biar LB saya terbiasa dg lingkungan di sekitarnya, apalagi dg keberadaan saya dan kedua putri saya(maklum mereka masih dibwah 7 thn amat suka mengekori saya dan mengikuti yg saya lakukan. dan kandang LB saya pas disamping pitu keluar masuk saya mau ke halaman belakang,
    apakah semua itu termasuk ganguannya mas ??
    apakah ada solusinya >???
    makasih mas
    salam

    Jawab:
    Seakarab-akrabnya burung dengan kita ya kalau bersilaturahmi jangan malam2 pas burung tidur.
    Kalau saya, ngelus2 LB ketika masih punya penangkaran LB dulu ya kalau anak sudah menetas. Kalau pas mengeram (habis nelor, LB/burung apa saja langusung dilanjut proses ngeram) jangan diganggu malam-malam. Kalau merasa terganggu, bisa bertingkah. Apalagi itu kan ngeram pertama di lingkungan Om.
    Nggak apa2 burung dibikin akrab, tetapi lihat sikon, bukan lantas terus menerus siang malam diakrabi. Apalagi LB kan sangkarnya kuat, nggak mungkin ada gangguan tikus yang bisa masuk dsb di malam hari sehingga nggak perlu dirondai malam-malam.
    Salam,
    Duto Solo

  4. 4 aryoudha
    25/01/2009 pukul 8:39 pm

    oh, gitu. sip mas
    thanks ya infonya
    salam

    Jawab:

    Tks juga Om.


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: