18
Nov
08

Q-A Penangkaran LB (4), Telor Kopyor

Tanya:
Selamat siang dan salam kenal Mas Duto.
Saya mau tanya untuk membersihkan kandang dan pemberian makanannya apakah dilakukan setiap hari?
Selama ini saya juga berpikiran bahwa telurnya tidak boleh disentuh tangan, takut tidak mau dierami lagi. Jadi jarang sekali saya lihat.
Kenapa yah telur2 LB saya banyak yang kopyor? Sedangkan setiap hari saya berikan jagung dan kadang2 kecambah/tauge. Kangkung jarang sekali saya berikan, tapi setelah melihat foto dan cerita Mas Duto, sekarang saya berikan kangkung setiap hari.
Apakah perlu saya berikan tempat untuk mandi LB didalam kandang? Kalau saya baca cerita Mas Duto, sepertinya LB suka mandi yah. Salam.
(Lucky)

Jawab:
Ya, setiap hari kandang dibersihkan. Air diganti. Pakan ditiupi agar bersih; kalau menipis ditambah. Kalau banyak kotoran LB, ganti yang baru.
Saya tidak tahu persis pengaruh kangkung pada kualitas telor. Kangkung saya berikan karena murah dan bisa rutin tersedia, dan lebih penting lagi, LB sangat suka kangkung.
Perlu sekali diberi wadah minum yang bisa digunakan LB untuk mandi. LB sangat suka mandi. Kalau pas ngeram, LB betina lebih suka mandi lagi. Itu untuk kelembaban dalam pengeraman.
Telor kopyor bisa saja terjadi karena kotak sarang terlalu kering dan pada saat yang sama LB nggak bisa menemukan air untuk mandi. Kalau Anda sediakan wadah air minum yang bisa untuk mandi, itu sangat dianjurkan. Juga kalau saya perhatikan, LB suka sekali mengangkut daun kangkung basah ke kotak sarang ketika dia nelor/ngeram. Ketika tangan saya masukkan ke kotak sarang, terasa sekali kotak itu hangat tetapi lembab. Bukan hangat kering. Dan secara teori memang benar, bahwa penetasan perlu kelembaban.
Mohon dicatat, pemberian kangkung daunnya saja. Sebab, batang kangkung yang biasanya diangkut LB ke kotak, jadi busuk, lain dengan daun yang biasanya mengering. (Duto)


0 Responses to “Q-A Penangkaran LB (4), Telor Kopyor”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: