18
Nov
08

Q-A Penangkaran LB (5), lanjutan Telor Kopyor

Tanya:
Mas Duto,
Kok saya jadi bingung nih mengenai masa pengeraman burung lovebird. Ada yang bilang 2 minggu ada juga 3 minggu. Yang bener yang mana nih Mas. (Husen)

Jawab:
LB ngeramnya 21 hari, seperti ayam Pak. Jadi tidak 14 hari seperti MB, JS ataupun anis.
Salam. (Duto)

Tanya:
Mas Duto, ini kisah LB saya…
Awal April saya membeli sepasayang LB kacamata biru langit yg sudah/sedang bertelur 2 buah (1 pecah saat mase di farmnya Pak Giyanto) nah setelah itu LB saya itu tidak lagi bertelur.. mampet mungkin stress …. Setelah itu saya sesekali liat gowokannya dan liat telur yg dulu masih ada tapi kayaknya sudah tidak dierami lagi…. Sampai akhirnya pada pertengahan Mei saya buka gowokannya terus saya cari2 telurnya itu di dlm tapi saya tidak menemukannya lagi… Kemana hilangnya saya tidak tau…. (Saya memakai serbuk kayu dan serutan kayu yg biasa dipake alas hamster dan daun cemara mungkinkah telur itu dimakan ampe secangkang2nya???).
Nah pas awal Juni saya buka gowokannya.. dgn maksud untuk melatih LB saya spt Mas Duto itu karena saya juga kepingin spt itu…. biar lulut.. dan ternyata saya menemukan 1 telur..(saya binun, ini telur yg dulu mungkin terpendam serbuk da lolos dari pemeriksaan…ato telur baru..kan kalo telur yg dulu mestinya dah busuk/rusak tapi yg ini kyknya masi baru…binun dah) Tapi saya terus melakukan program pelulutan seperti yg saya baca itu, cuman kok dia berhenti lagi bertelurnya… Saya sih sudah mempertimbangkan resikonya kalo saya tetep jalanin program pelulutan mungkin dia mandek bertelur, drpd saya harus nunggu masa bertelur dan pengeraman untuk mulai program pelulutan tar LBnya jadi tambah susah mengubah kebiasaannya yg takut ama orang.
Sekarang mereka dah gak takut2 lagi ma orang. Nah yg bikin saya binun apa yg selanjutnya saya lakukan??? Saya sih berpikir untuk terus melanjutkan program pelulutan tapi apa yg harus saya lakukan dgn telur yg 1 itu?
Mohon pencerahannya dari Mas Duto… sekian terimakasih maaf Mas yah… ceritanya panjang bgtttt….: maklum pemula….(Dolphinrd)

Jawab:
Teruskan saja program penjinakannya. Sehari dilihat sekali. Telur yang itu, diambil dan buang saja. Itu telor lama karena LB nelornya lebih dari satu dalam satu masa peneloran. Jadi, itu sisa telor lama. Telor infertil bisa tahan lama dan nggak busuk2 kalau dia tidak bentet/berlubang. Sedangkan telor fertil cepet busuk begitu embrio di dalamnya mati.
Apakah Anda beli LB dalam kondisi nelor 2? Ya moga2 penjualnya berkata jujur saja.
Banyak kasus loh orang jual LB dengan dibilang lagi ngeram/nelor, ternyata diisi telor emprit atau telor LB lain yang nggak netas.
Juga, LB indukan yang dirawat bagus, sudah akan nelor lagi dalam waktu maksimal 15 hari.
Salam. (Duto)

Tanya:

Ooo bgtu yah Mas…. jadi telornya itu telor gagal yah…. Ok deh segera saya kan menjalankan “wangsit” ini heheheh , soal penjualnya yang jujur itu…. uhmm…. moga2 juga demikian soalnya saya belinya ga di pasar tapi di farmnya Pak Sugiyanto…
Mungkin Mas Duto bisa kasi saya referensi ttg penangkar yg mas kenal dan terpercaya???

Soal LB-nya sekarang sudah lumayan lulut alias jinak…. dia dah agak cuek kalo ada orang lalu lalang padahal biasanya baru denger org ngomong aja dah kabur masuk gowoknya…. jadi program akan saya lanjutkan , oh iya… kmrn LB saya jg keliatan aga lesu… mungkin krn dia jarang kena sinar matahari langsung… Jd saya coba jemur… wah langsung giras… riang gembira… tapi kayaknya di ga biasa mandi krn setelah saya coba kasi padusan sejauh pengamatan saya dan org rumah…. dia ga pernah mandi…. heheheh.
Dan kira2 apa efeknya kalo yah kita sering pindahin kandang untuk penjemuran pada upaya budidaya LB ini yah???
Satu lagi mas pertanyaannya, kira2 berapa lama waktu yg dibutuhkan LB saya untuk mulai bertelur lagi? (Dolphinrd)


0 Responses to “Q-A Penangkaran LB (5), lanjutan Telor Kopyor”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: