18
Nov
08

Q-A Penangkaran LB (7), LB tidur bareng

Tanya:
Dari 2 pasang yg saya punya 2 ekor jantan klep, hijau ma 2 ekor betina ijo non klep, dach dicoba disangkarkan rame2 (4 ekor satu kandang),..tapi kok ga ada yg boboan malem berdua. Trs kalo siangnya malah kejar2 sambil jeritan (yg jerit2 biasanya yg jantan).
Mohon pencerahannya, gimana tanda2 pasangan itu mulai berjodoh. Cumbuan seperti apa?
Apakah karena hanya ada 4 ekor, saling ego masing2, bisakah sy coba hanya 1 jantan aja di kandang penjodohan itu dgn lebih dari 2 betina (misal akan saya belikan lg 1~2 ekor).
Trs kalo sudah terlihat ada tanda2 mulai berjodoh, apakah langsung pindahkan ke sangkar perkawinan? Trs setelah dipindahan, Berapa lama proses penjodohan u/ mlanjutkan perkawinan dan bertelur?
Di tunggu responnya. (Syaiful)

Jawab:
LB yang kejar2an dipastikan tidak jodoh. Untuk penjodohan dengan stok burung terbatas, letakkan masing-masing jantan betina di sangkar2 terpisah dan didekatkan. Kalau mereka sudah selalu berdekatan (perlu waktu sampai 3-7 hari) maka kemungkinan mereka berjodoh. Tetapi sesungguhnya, penjodohan harus dilakukan kalau masing2 sudah memasuki masa birahi (bunyi terus dan menunjukkan perilaku birahi: jantan berusaha mengawini benda2 didekatnya, sedangkan betina merunduk sembari membuka sayap dengan ekor naik-turun). Kalau jantan-betina sama2 birahi, biasanya (hanya dalam waktu sehari) bisa langsung jodoh. Kalau belum birahi (birahi nggak bersamaan) maka penjodohan sulit dilakukan. Yang nggak birahi biasanya dikejar2 dan bisa stres kalau terus2an.
Untuk penjodohan di kandang besar, membutuhkan materi (jantan-betina) yang banyak, paling tidak sampai 5 ekor jantan 5 betina. Kalau sudah berdekatan terus-menerus, mereka biasanya masuk ke sangkar kotak/glodok bareng2. Bisa saja diternak di situ, bisa juga dipindahkan bareng2 ke kandang penangkaran yang kecil.
Kalau sudah jodoh, dua pekan kemudian biasanya sudah nelor/ngeram. Masa ngeram 21 hari. Dan anakan (diberi makan indukannya) baru keluar kotak setelah sekitar sebulan.
Jika anak sudah keluar, ambil dan pindahkan ke sangkar tersendiri. Kalau anak sudah diambil, biasanya 10 hari kemudian si betina sudah nelor lagi dan ngeram.
Demikian. (Duto)

Tanya:

Thanks ya Om, tapi PR sy masee mikirin bisa ga ya 1 jantan dengan 3 ekor betina dlm satu sangkar? Jamin berjodoh ga? Trs pakan u/ LB pendongkrak birahi selain jagung apa lagi?(Syaiful)

Jawab:
Kalau sangkar besar model untuk sangkar koloni, bisa saja di antara betina itu yang berjodoh dengan jantan. Kalau jantan pas birahi, dia bisa segera menemukan pasangan. Kalau jantan belum birahi dan ada satu betina atau bahkan ketiga2nya birahi, maka jantan bakal dikejar2 dan stres/drop (sulit/lama sekali memulihkannya). Bisa juga betina yang birahi justru ngejar2 betina lain yang nggak birahi, dan yang dikejar2 drop.
Pokoknya, njodohkan model begitu cenderung gagal, atau kalau ada yang jodoh maka yang lain jadi korban (drop). Apalagi mengharapkan LB jantan punya 3 pasangan sekaligus, itu nggak akan terjadi. LB bukan kayak kenari sebagai tipe burung yang suka poligami hihihihihi.
Pakan yang bikin birahi saya nggak tahu persis. Hanya saja, LB saya selama ini saya beri pakan tambahan rutin jagung dan daun kangkung. Sesekali saya beri tauge. Dan di pakan rutin, meski sedikit, saya beri kacang hijau. Di buku yang pernah saya baca, bisa juga LB diberi ulat hongkong (protein untuk meningkatkan birahi) yang sudah dimatikan (dimasukkan air sebentar). Tetapi saya pernah coba, LB-nya nggak mau. (Duto)


0 Responses to “Q-A Penangkaran LB (7), LB tidur bareng”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: