21
Des
08

Rontok “bandel” pada kenari

Om, saya punya KN Kuning hibahan Om Mumtaz kira2 sebulan yang lalu.. Pas saya ambil, kondisi kakinya jamuran dan luka serta Mabung…Leher agak botak, sayap & ekor juga sudah ada yang rontok…

Saya lakukan pengobatan kakinya dulu kira2 2 minggu sudah sembuh tetapi sudah 2 minggu belakangan tidak ada satupun bulunya yang rontok…Yang mau saya tanyakan:

1. KN ini kenapa yaaa…?

2. apakah hal tersebut berkaitan dengan metabolisme…? Kalo iya, apakah penggunaan marvel aid bisa membantu & bagaimana cara pemberiannya…?

3. Kalo vitasol, bagaimana pula cara pemberiannya…?

4. Bagaimana perawatan KN Mabung…?

Terimakasih

Firli

Jawab:

Om Firli,

1. Bisa jadi karena pengaruh obat maka rontok bulunya berhenti. Untuk melanjutkan biar rontok (karena rontok yang tidak tuntas akan menyebabkan kondisi burung selalu tidak fit = sakit enggak sehat enggak) beri saja menu kroto sekitar 20 butir sehari dan beri wadah minum kecil biar nggak mandi2 melulu.
2. Penggunaan obat2an dihindari dulu.
3. -sda-
4. Kerodong full, jangan dimandikan, beri kroto seperti saya sebutkan di point nomer 1.
Tolong sampaikan perkembangannya seperti apa.

Salam,
Duto


7 Responses to “Rontok “bandel” pada kenari”


  1. 31/12/2008 pukul 8:29 am

    selamt pagi om Duto,Saya punya kenari,tp di lehernya botak gk ada bulunya,suaranya kenceng banget…dan pernah dibawa latber di bandung,saya minta tolong ma om duto,gimana caranya supaya menumbuhin bulu dilehernya.sekarang kalo diliat kayak burung pemakan bangkai,cuma kalo pemakan bangkai badannya gede klo ini kecil,terimakasih om…..

    Jawab:

    Lho malah sangar kan? mbikin lawan takut dan nggak mau bunyi, hehehe.
    Nggak apa2 Om, nanti kalau waktunya mabung, ketika yang lain tumbuh, yang bodol juga akan ikut tumbuh. Pastikan saja dulu kenarinya nggak kena kutu. Kalau ada kutu, semprot pakai air daun sirih.
    Cara bikin air daun sirih, ambil 3-4 helai daun sirih, cuci bersih, rendam di 2 gelas air panas. Setelah dingin, air bisa masukkan ke sprayer dan semprotkan ke kenari.
    Usahakan merata ke semua bulu tetapi ketika nyemprot bagian muka, jangan keseringan kena mata. Nata bisa jernih sih tetapi kalau kebanyakan, kenari kesakitan.
    Ok bro….
    Salam,
    Duto

  2. 05/01/2009 pukul 12:10 pm

    makasih banget om,atas info dan sarannya.

    Jawab:
    Tks kembali. Sering-sering nengok blog ini ya.
    Salam,
    Duto Solo

  3. 3 anas
    10/01/2009 pukul 8:37 pm

    om saya mau tanya
    gmn cara jodohkan kenari?
    punya saya cowoknya malah takut, gimana cara ngatasinya ya om supaya mau jodoh

    thanks

    Jawab
    Coba lihat lagi apakah KN jantannya memang penakut ataukah KN betinanya yang selalu mendesak ngejar-ngejar. Kalau, hal pertama yang terjadi, bisa jadi memang KN jantannya belum birahi.
    Kalau KN jantan belum birahi tetapi KN betina selalu mengejar-ngejar, bisa disemprot sedikit-sedikit setiap saat itu KN betinanya. Jangan sampai kuyup, cukup sekadar untuk mendinginkan “gerah di dadanya” saja, hehehehe.
    Bisa juga dipisah dulu. Jantan diberi makanan yang banyak proteinnya seperti kroto kecil2 (cukup 20an butir saja setiap hari) dan/atau rebusan kuning telor ayam/puyuh dsb.
    Sementara betinanya banyak digelontor sayuran dan kurangi proteinnya. Kalau jantan sudah “naik” (gacor melulu kalau didekatkan betina), bisa dicampur dan dimasukkan kuning telor agar dimakan jantan-betina KN “sepiring berdua”, hehehe.

    Salam,
    Duto

  4. 4 anas
    13/01/2009 pukul 10:55 pm

    thanks mas akan saya coba.
    oh ya mas apa sih perbedaan kenari lokal sama AF, F1? apa cuma beda d postur tubuh apa suaranya jg pengaruh lebih panjang daan tebal.

    salam
    anas

    Jawab
    Tidak ada perbedaan yang signifikan kecuali pada postur tubuh. Kenari F1 adalah silangan spesies tertentu dengan spesies tertentu lainnya. Misalnya Yokshire/YS dengan colorbread (holland/lokal). Anakan dari silangan itu disebut F1. Kalau anakan itu disilangkan dengan YS atau dengan lokal, maka akan menghasilkan F2. Nah kalau dikawinkan dengan spesies lain, misalnya gloster, maka anakannya disebut AF.
    Besar tubuh terbawa oleh indukan jantannya, sedangkan suara dan sifat lain menurun dari induk betina. Nah semua tergantung “apa” disilangkan dengan “apa” sehingga menghasilkan F1 sesuai dengan indukan yang dipakai.
    Begitu Mas,
    Salam Duto

  5. 5 anas
    15/01/2009 pukul 2:34 pm

    makasih banyak mas duto,

    mas saya punya KN ijo, sudah selesai bulu rontoknya.
    waktu rontok saya jalankan sesuai tips mas duto ke om firli. tp skr sdh tidak rontok lg tp banyak sekali bulu tanduk (bung) yg tumbuh.
    pertanyaan saya:
    1. apakah masih harus d kerodong full
    2. apakah msh d kroto 20 biji/hari.
    3. EF apa aja yg hrs d berikan untuk KN dg kondisi seperti punya saya (sdh selesai mabung tapi byk bulu tanduk yg tumbuh)

    mohon d ksih tips yg jitu krn rencana mau ikut latber. terima kasih sblmnya mas duto.

    salam,
    anas

    Jawab
    Hehehe, itu namanya belum selesai mabung Om. Mabung adalah proses mulai rontok bulu kecil2 sampai tuntas nggak ada bulu tanduk.
    Teruskan dulu rawatan mabungnya.
    Sementara menunggu bulu tanduk pecah, benar-benar perketat dan atur makannya biar kenari tidak kegemukan.
    Rawatan lanjutannya bisa ditanyakan lagi nanti sambil terus dipantau perkembangannya ya…
    Salam,
    Duto Solo

  6. 6 anas
    16/01/2009 pukul 12:13 am

    ok thaks berat om,
    akan saya inf prekembagan selanjutnya.

    kalo selama mabung EF selain kroto 20 biji perhari saya kasih Sayur, apel, telor puyuh gmn om?
    salam,
    anas.

    Jawab
    Untuk sayur dan buah nggak apa-apa. Untuk telor stop saja. Selama mabung, burung kurang gerak. Kebanyakan telor bisa menyebabkan kegemukan.

    Salam,
    Duto Solo

  7. 7 anas
    16/01/2009 pukul 1:54 pm

    makasih banyak mas duto atas informasinya.
    nanti perkembanganya akan saya laporkan ke om duto…he..he.

    salam,
    anas


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: