21
Des
08

Pentet mbagong dan galak, bagaimana?

Saya punya pentet Gsal gresik umur sekitar 2 tahun,  sedang ganti bulu,   kondisi normal, bulu ekor tak cabuti habis.. Yang kurang normal mbagong kalau ada orang yang mendekat. Dia langsung mengejar, nabrak-nabrak kurungan… Bagaimana baiknya, apa disembilih saja….

Sison

Jawab

Jangan disembelih. Disate pun dagingya kecil, kalau setelah disembelih lalu dibuang, juga bikin tong sampah bau, hehehehehe. Kalaupun mau disembelih dan diawetkan juga nggak bagus karena kondisi bulu nggak bagus ya khan, heheheheh.

Ya rawat saja karena kondisi sepeti itu banyak terjadi pada burung yang tidak fit karena sedang mabung.

Coba beri pakan full protein, seperti kroto atau jangkrik. Beri pakan sampai nggak mau makan lagi. Kemungkinan sudah nggak nabrak2 lagi.

Salam,
Duto


2 Responses to “Pentet mbagong dan galak, bagaimana?”


  1. 1 igor
    30/01/2009 pukul 6:44 pm

    Om salam kenal.
    sy pemain baru nih di perburungan.saya mau tanya.sy punya pentet sudah 5 bln sy pegang sampai saat ini,pada saat itu buntutnya tidak ada.dan pada saat bulan 1 bln awal pentet mulai mabung,selama satu bulan itu pentet rontok bulunya, masuk di bulan 2 bulunya sudah tidak rontok lagi saya perhatiin selama 2 minggu,akhirnya krodongannya saya buka.jadi sudah selang 3 bln dari krodongannya dibuka,bulunya jadi tipis dan buntutnya pun ga numbuh2.saya jadi binggung OM.kira2 perawatanya gimana y supaya numbuh buntut n bulunya tumbuh maksimal?
    makanannya pada saat mabung apa aja? n EFnya takerannya berapa?
    Terapinya gimana klo kenyataanya pentet saat ini tidak mabung lg,tapi dengan kondisi sekarang.
    makasih y om sudah membantu saya…..

    salam kenal,
    igor

    Jawab:
    Sudah saya jawab di pertanyaan sebelumnya ya…
    Salam..

  2. 2 aris
    07/02/2009 pukul 7:50 am

    assalamualaikum wrwb
    saya aris penggemar pentet pemula…..
    saya punya pentet(PT) umur skitar 4 tahunan, PT dulu sering berprestasi dikota saya tinggal tapi anehnya PT jika dikasih jangkrik lebih malah dia birahi dan ahirnya jika ketemu musuh PT sering nabrak2 dan malas bunyi. dengan kesibukan saya bekerja, PT sekarang tidak stabil dari bunyi dan tampilannya… bagaimana saya harus mengembalikan PT agar seperti dulu lagi. sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih atas bantuannya. wassalam……

    Jawab:
    Jawabannya sama dengan jawaban yang saya sampaikan kepada Om Hendy di Tempat Curhat Problem Burung. Silakan dicek (kilik di sini)


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: