29
Des
08

Bunyikan anis merah macet

Anis merah (AM) macet banyak sebabnya. Bisa jadi karena sakit (termasuk masa ngurak-mabung) dan tidak birahi.
Semua burung kicauan pada dasarnya bisa bunyi, hanya saja untuk cewean, tidak seperti bunyi jantannya, agak sepi, meski untuk burung2 tertentu (misalnya CR, LB dsb) bisa lebih bagus ceweknya.
Kalau Anda punya AM macet padahal kondisi fisiknya terlihat fit dan sudah tidak dalam kondisi mabung, maka lakukanlah beberapa tips yang sudah ada di Foruim AM ini dan lakukan juga tips kecil yang moga-moga manfaatnya besar, yang saya “rekam” dari pembicaraan saya dengan Om Erik, teman Kartasura.
Dia mendapat tips dari seorang penghobi AM dari Sleman yang sudah almarhum (catatan, di Sleman Jogja atau di desa-desa di Jogja/Jateng umumnya, AM dikenal dengan nama salakan karena suka terbang di rumpun2 salak).
Dan…. eh… hampir lupa tipsnya malah… ini:
Beri EF buah sawo yang benar2 matang atau malah cenderung sudah gembur tetapi tidak busuk.
Dia bilang juga bahwa untuk EF buah harian, kalau tidak ada sawo, ya pepaya matang. Dan itu lebih bagus ketimbang pisang.
Untuk lebih membawa hasil, coba AMnya dimain embun. Pagi-pagi sekali, saat embun masih turun, keluarkan AM Anda.
Kalau masih bandel tidak mau bunyi, bawa saja ke dokter hewan Jatmiko Jogja. Dia bisa beri suntik “anu” (rahasia dagang katanya) yang bisa menjadikan AM macet jadi bunyi. Anda bisa nitipkan di sana barang 3-7 hari untuk merawat AM Anda.
Kalau keberatan ke Jogja, ya kumpulkan saja teman2 KM yang AMnya macet di satu kota, dijadwal harinya, undang dokter itu, dia akan datang. Biaya, ya mangga nanti dirembuk saja tetapi nggak akan mahalan kok.
BTW, dengan cara suntik “anu” itu, kawan saya borong beberapa AM macetan (yang sehat dan diduga jantan tentunya) dan dibawa ke sana. Beberapa AM meleset karena ternyata betina. Tetapi masih untunglah karena satuan mecat beli Rp 180m- 200an ribu/ekor, bisa dijual Rp 500rb-an.
Semoga bermanfat.
Salam,
Duto

[Maaf titip pesan: Kalau Anda, saudara Anda, kenalan atau rekan Anda selalu gagal mendapatkan pekerjaan, coba deh ikuti konsultasi menembus dunia kerja bersama tim saya, Tim GG. Gratis…tis. Klik saja di sini.]

Iklan

2 Responses to “Bunyikan anis merah macet”


  1. 1 nardi
    09/02/2009 pukul 11:08 am

    mas,anis saya macet juga nih.kira2 di jakarta ada punya kenalan dokter ga?klo ada saya minta alamat nya y mas.thx

    salam ,
    nardi

    Jawab:

    Waduo… gak punya….
    Dokter apa emang? Ya cerita-lah macetnya seperti apa, awalnya seperti apa, rawatan kayak apa dsb. Oke?

  2. 09/02/2009 pukul 7:52 pm

    Sugeng dalu pak Duto….
    menyambung respon p.Duto pada pertanyaan sebelumnya. dimanakah alamat dr.Jatmiko? saya posisi di Pacitan jadi cuma deket klo mau ke jogja.Matursuwun sebelumnya.
    Salam
    -Willy-

    Jawab:
    Coba ditelepon saja dulu tanyakan ancar2 rumahnya mana begitu ya.


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: