29
Des
08

“Menciptakan” isian burung/masteran secara murah

Saya akan menulis sedikit pengalaman saya mengundang burung masteran ke sekitar rumah kita.
Burung masteran yang saya maksud adalah burung gereja. Nah pasti Anda sudah bisa menebak ke mana arahnya, ya… jangan pelit2 untuk menebar sejumput beras, atau bisa juga milet, ke atas genting atau di halaman rumah kita, setiap hari. Untuk lebih “mengundang” sekali-sekali juga boleh ditebar sejumput UH.
Karena di daerah saya tidak ada yang memelihara merpati secara diliarkan, maka penyerbu beras atau milet adalah burung gereja. Kadang-kadang ada juga emprit/pipit yang datang, tetapi biasanya pipit akan pergi begitu gerombolan burung gereja datang.
Untuk mereka yang suka dengan isian prenjak (yang bagus justru suara betinanya kalau untuk isian MB misalnya), dan ada pepohonan di sekitar rumah , maka sediakan wadah yang bisa ditalikan/dipakukan di pepohonan (pada ketinggian 2-4 meter) dan diisi sejumput kroto atau UH tiap pagi. Kalau Anda beruntung (atau malah sial ya?), burung kecil lain seperti kacamata atau pleci juga akan datang.
Untuk melengkapi thread “Menciptakan isian burung/masteran secara murah” ini, ada juga cara “alami” menambah suara masteran di sekitar rumah kita, yakni biasakan dalam jangka waktu 3-4 hari sekali untuk melepas barang 2-3 ekor jangkrik jantan di halaman/ kebun kita. Mereka akan berkeliaran dan ketika datang masa birahi, mereka akan “bernyanyi bersahut-sahutan”.

Barangkali ada di antara Anda punya pengalaman lain untuk “menciptakan isian burung/masteran secara murah”? Ditunggu sharing-nya.
Salam,
Duto Sri Cahyono


1 Response to ““Menciptakan” isian burung/masteran secara murah”


  1. 1 aryoudha
    08/01/2009 pukul 10:06 pm

    kalo saya boleh kasi masukan ni mas, untuk burung gereja gampang kalo mau main dan di buatin sarang di rumah.
    1. ambil sabut kelapa yang utuh( tak terpisah masih membulat utuh tampa ada tempurung kelapa) kalo sabutnya cuman ada yg lepas, di ikat aja menjadi bentuk semula (pake tali ato kawat) kasi lobang se ukuran burung gereja untuk keluar masuknya burng gereja.
    2. gantungkan aja di sekitar rumah(agak tinggi dan terhindar dari ganguan kucing dan tikus)
    kalo memang di lingkungan rumah banyak terdapat burung gereja,insya allah dalam 2 minggu burung gereja udah mau bersarang kedalam rumah sabut yg kita buat tadi.
    itu yang sering saya lakukan sewaktu saya masih di SD dulu.
    semoga bisa menambah pengetahuan deh.
    salam.

    Jawab:
    Nah kan. Ayo-ayo siapa yang punya ilmu, keluarkan semua.
    Terima kasih.
    Salam,
    Duto


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: