07
Jan
09

Anis merah bunyi hanya di pagi hari

Rekan penghobi burung bertanya:

Om numpang nanya.
Kemarin dulu saya beli AM yang dah bunyi, dan memang mau bunyi. Tetapi cuma pagi hari jam 3-4 pagi. Setelah itu diam sepanjang hari. Itu pun kalo malem gak di kerodong. Kalo dikerodong gak bunyi sama sekali.
Padahal pas masih di bakul mau bunyi siang2.
Apa karena takut sama MB saya yang suka nembak2.
Malah beberapa hari ini AM saya gak bunyi sama sekali cuma ngeriwik saja. Kalo tak perhatikan kayaknya lagi birahi soalnya suka bawa makanan di paruhnya lama2 (pernah baca salah satu tanda birahi).
Sebenarnya burung AM itu bunyi karena birahi atau malh gak birahi? Bukannya burung itu kalo birahi malah akan berkicau bwt manggil betinanya?
Satu lagi AM saya sangat takut kalo liat payung.
Trims sebelumnya, maaf bila terlalu panjang.

Salam.

Jawab:
Itulah memang seninya (bisa dibaca juga: pusingnya, hehe) pelihara AM.
Kalau di pemilik lama pernah mau bunyi, berarti memang AM itu cuma perlu penyesuaian di tempat baru. Tunggu waktu. Bisa lama bisa singkat tergantung kondisi mental si burung.
Burung dewasa gacor biasanya memang karena birahi. Cuma, tidak semua kegacoran burung dikarenakan birahi sebab ada juga trotolan atau burung usia muda (belum dewasa secara seksual), sudah gacor.
Kalau soal “ngemut” kroto, bisa jadi memang pertanda birahi tetapi dalam kasus ini dia belum mau gacor karena memang belum enjoy dengan tempat atau suasananya.
Saya sarankan, untuk AM tidak perlu sering2 diberi kroto. Paling sepekan sekali setengah sendok makan sudah cukup.
Coba lihat2 lagi postingan saya tentang AM, untuk settingan pakan.
AM takut lihat payung? Ya itulah. Ada juga AM yang takut melihat topi, peci dsb. Itu memang pembawaan sejak awal dipelihara. Jadi memang tidak bisa “disembuhkan” dalam waktu cepat.
Nanti kalau pas memasuki masa rontok bulu, coba “diajari” familiar dengan payung. Saat itu dicoba dekatkan dengan payung terbuka. Letakkan saja payung terbuka di dekatnya. Lama2 dia akan tahu bahwa “payung tidak berbahaya” dan lama2 akan tenang sendiri meski ada payung mendekat dsb.
Mengapa dilakukan pada saat akan mabung? Itu hanya agar kalau dia nglabrak2 dan bulu rusak, maka bulu tersebut akan segera copot dan dapat ganti baru.

Dicoba ya?
Salam,
Duto Solo


1 Response to “Anis merah bunyi hanya di pagi hari”


  1. 1 yono
    23/01/2009 pukul 2:13 pm

    Dimana saya harus cari anakan anis bata yang pasti jantan, soalnya saya lagi mau belajar piara burung dari anakan, terimakasih. bagi yang berkenan kasih info saya ucapkan terimakasihlagi serta salam perkenalan.

    Jawab:

    Kalau Om sudah pengalaman pelihara burung silakan cari trotolan. Kalaun belum sebaiknya baca ini dulu. Nah baru nanti milih-milih.


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: