07
Jan
09

Perawatan kacer mabung

Om gimana cara merawat kacer pada saat sebelum mabung dan saat mabung dan kira2 berapa lama proses untuk kacer mabung?.  Trimmmsss……bwat infonya

Paunks

Jawab:

Perawatan untuk kacer ketika tanda-tanda mau mabung sudah kelihatan (bulu2 kecil mulai berjatuhan satu-dua) lakukan saja treatment mabung secara ekstrem agar mabung sempurna:
1. Full kerodong.
2. Ganti merk voer (ganti voer 521 pakan ayam jig bagus untuk mempercepat rontok).
3. Tembak kroto sehari sesendok makan (kalau untuk harian, kacer tidak perlu dikroto. Pemberian kroto dihentikan setelah bulu lama rontok semua).
4. Nggak dimandikan, nggak dijemur.
5. Nggak usah dibersihkan kotorannya selama tidak berjamur.
6. Taburi dulu bagian dasar sangkar dengan kapur setebal sekitar 2 mm merata; kemudian di lapisan atasnya taburi lagi dengan dedak/katul setebal sekitar 1 cm juga merata.

Proses mabung kacer lebih cepat ketimbang MB misalnya. Mulai bulu rontok sampai bulu pulith kembali sekitar 2 bulan. Setelah bulu pulih semua, baru burung dimandikan dan jemur secara bertahap. Baru sekitar 1 bulan setelah bulu lengkap, yakni setelah melalui proses penjemuran dsb, kacer bisa ditampilkan/ditrek dengan kacer lain.
Oke?

Tanya:

Saya mau tanya lagi neh Om….Duto :
1. Kacer ngurak/mabung belum tuntas maksudnya  bagaimana ?
2. Cara mengatasi kacer yang ngurak/mabung belum tuntas ?
3. Cara merawat kacer yang sudah melalui masa   ngurak/mabung agar kondisinya fit kembali ?
3. Cendet biar ga suka salto diapain soalnya bunyi selalu diimbangi dengan gaya saltonya?
4. Klo boleh nambahin om.. info tentang seputar kacer tolong ditambah ya… biar seru….

Thanks…..
Salam Kenal Paunks

Jawab:

1. Kacer mabung belum tuntas itu artinya bisa jadi bulu baru sudah komplit, tetapi masih ada bulu-bulu kecil yang tertutup lapisan tanduk. Itu artinya ada bulu yang belum mecah/terbuka secara sempurna.
Biasanya ini terlihat di bagian kepala, leher, dekat paruh dsb.
2. Ya masih terus dilanjutkan terapi mabungnya.
3. Mandikan dan jemur rutin secara bertahap. Untuk mandi, minimal sehari sekali. Untuk penjemuran jangan lama-lama pada tahap awal. Misalnya, pada hari pertama sampai hari ketiga mulai jam 7 sampai jam 8. Hari ke-4 sd. ke-7 sampai jam 9. Hari ke-8 dan seterusnya sampai jam 10.
4. Kalau pentet suka salto, maka itu sudah menjadi karakternya. Sulit dihilangkan. Untuk menguranginya, pakai kandang kotak (panjang-lebar sama; tinggi standar) bukan yang bentuk bata (panjang-lebar berbeda).
Selain itu tangkrigan dibuat dua, saling melintang atas bawah.
Cuma, kalao sudah terbiasa salto, kalau dia tidak ada tempat untuk bersalto, maka power suara/kegacorannya bisa berkurang.
5. Saya usahakan ya.

Salam,
Duto Solo


4 Responses to “Perawatan kacer mabung”


  1. 1 Choxy
    16/01/2009 pukul 11:07 pm

    Om, anis betina bs ngriwik g?
    Anis bekas stress,skrg ngriwik trz.gmn om biar cpt ngeplong..
    Om, kacerku koq mls bunyi cm ngriwik..
    Tk tggu masukane..

    Jawab:
    Maaf ya, Om kirim tiga pertanyaan dalam tiga kali kirim. Ini saya satukan.
    1. Anis betina bisa ngriwik. Baik itu anis merah amupun anis kembang. Untuk anis merah, malah ada yang ngeplong dan teler.
    2. Sebenarnya masalah burung yang hanya ngriwik melulu, itu berarti memang ada yang “tidak sehat” pada burung tersebut kecuali burung muda yang baru belajar bunyi atau burung betina (tertentu). Kesehatan bisa menyangkut fisik, juga soal mental. Soal hal ini, tolong disimak postingan saya mengenai “Kunci Sukses….” dan juga tolong dilihat lagi beberapa postingan mengenai anis. Sudah banyak kok.
    Salam,
    Duto Solo

  2. 2 danto
    24/01/2009 pukul 11:03 am

    Thx,mas atas jawabannya tapi mau nanya lagi nih…..hehehehe.Seputar kacer,kacer (Kacer Jawa Timur) saya dari pertama beli tuh jelek bgt,hehehe… tp bukan ky orng yg punya loh…hehehe.yah tergiur harga murah n sudah bunyi full.sy beli sekitar 4 bln yg lalu,saya pikir cuma mabung eh ga taunya ga numbuh2 bulunya,smp skr.jadi bulunya tipis n jarang2.bagian kepalanya persisnya di paruhnya kiri kanan ada luka sobek n dagunya jg.selama beli sampe skr bulunya ga rapih2 n lukanya ga di tumbuhin bulu.gmn y penanganannya supaya rapih n ganteng?
    sekedar informasi sy punya kacer 2 yg satu jawa barat,nah yg ini ganteng bgt,sy mau kacer yg jawa timur kaya dia.saya taronya terpisah tingkat atas dan bawah.
    help me …….. again y.Thx sblm……

    salam,
    danto

    Jawab:
    Tunggu sampai masa mabung (moulting). Nanti yang nggak bisa tumbuh, akan tumbuh. Kalau masuk masa mabung diterapi mabung yang benar.
    Sabaaaar ya.
    Salam,
    Duto Solo

  3. 3 dd
    04/02/2009 pukul 6:11 pm

    MAS MAU NANYA NIH UNTUK KACER MABUNG.untuk dasar kandang kapurnya kapur jenis apa y?belinya dimana?saya biasanya pake karpet kandangnya.itu ditaro mana diatas karpet/dibawah karpet.UNTUK SEMUA JENIS BURUNG BISA DITERAPKAN GA MAS? PROSES MABUNGNYA.maaf mas ga bermutu nanyanya.terimakasih.

    Jawab:
    Ketika ngurak, tebok (bagian bawah sangkar) dipakai dan karpet dilepas tujuannya agar kotoran jatuh ke bagian dasar sangkar. Untuk hal yang lain-lain bisa selengkapnya dibaca di sini.

    Salam,
    Duto Solo

  4. 4 bayu gunawan
    05/02/2009 pukul 8:27 pm

    om duto gimana ya perawatan supaya kacer ga ngebagong?
    trus gimana ya ngilangin nya?
    penyebabnya apa?
    maaf ya om kalau kebayakan nanya nya?
    terima kasih

    Jawab:
    Om tolong dilihat di tanya jawab di halaman Tempat Curhat Problem Burung ya. Di sana sudah ada saya bahas.
    Salam,
    Duto Solo


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: