16
Jan
09

Anis kembang dan daerah asalnya

Malem Om. saya jadi penasaran neh. stiap kali saya dapat balesan dari Om, smakin banyak yg pengen saya tanyaken. smakin banyak yg saya pengen tahu. gpp kan Om? terus terang aja nih mumpung gratis. saya takut kalo nanti lama2 Om pasang tarif. he..he..he.. (sori becanda dikit) tolong supaya mata saya jadi “melek” dan pikiran saya jadi lebih terbuka. benar ga’ Om kalo AK kepalanya bwarna coklat, sedangkan anis macan bwarna hitam? untuk daerah asal ada berapa jenis AK yg beredar di pasaran? bagaimana ciri2nya untuk masing2 daerah asal? apa kelebihan dan kekurangannya? kalo untuk kontes bagus yg mana? berapa usia/umur hidup utk AK? untuk skrg cukup sekian dulu deh Om. tapi besok2 pasti ada lagi yg akan saya tanyaken, karena saya ngerasa masih bodoh banget dalam urusan burung. terimakasih banyak buat waktu dan kesempatan yg Om luangkan. btw “jer basuki mawa bea” artinya apa? saya jadi penasaran Om. nanya ksana kmari nggak ada yg mau kasih tau. saya lahir dan besar di jakarta. jadi untuk bahasa jawa yg tingkat tinggi (cailaa..) saya agak kesulitan mengartikan. ada kenalan saya orang solo. saya tanyakan ke dia. tapi yg ada jawabannya saya disuruh nanya langsung ke si Om. gimana neh?

Jawab:
Wah, Om jangan memprovokasi saya untuk menjadikan blog saya berbayar untuk pengunjung ya, hehehe.
Untuk ciri-ciri anis kembang berdasar daerah asal, ada sedikit referensi yang mungkin berguna yang pernah ditulis di sebuah tabloid dan di-upload Om Fauzi Indra Sucahyo di kicaumania.org. Begini kira-kira:

Anis Kembang Tasik (Jawa Barat):
– Warna trotol pada bagian dada tidak ngeblok atau cenderung beraturan ( bercorak), sementara bulu putih pada sayapnya terputus2 seperti sisir.
– Biasanya anis kembang asal Jawa Barat cenderung doyan betina.

Anis Kembang Sumbawa (Nusa Tenggara) :
– Warna trotol pada bagian dada terlihat ngeblok dan cenderung tidak beraturan, sementara bulu putih pada sayap tertata rapi membentuk bulatan2 seperti mega.
-Bodi lebih bongsor dibanding dengan Jawa Barat dan Borneo

Anis Kembang Kalimantan (Borneo) :
– Warna trotol pada bagian dada terlihat ngeblok atau cenderung tidak beraturan, terdapat warna bulu kuning kecoklatan berbaur warna trotol hitam pada bulu dada hingga sisi kiri dan kanan dibawah bulu sayap mirip spt anis kembang remaja. Sementara warna putih pada sayap memebentuk bulatan2 spt mega dan terputus oleh bulu hitam dibagian bawah.
– Bodi nya relatif lebih kecil dari dan ramping ketimbang Jawa Barat dan Nusa Tenggara.

Kalo mengenai mental dan performance ketika ngeroll, menurut tulisan itu, asal Jawa Barat mempunyai nilai plus karena bila ngeroll posisi tubuh nyaris tegak dengan kepala mendongak ke atas sehingga volume suara lebih kebongkar. Sayang karena doyan cas betina menjadikan penampilannya kadang kurang maksi dan tidak stabil.
Nah begitu kira-kira Om. Kalau belum puas bisa tanya lagi.
Btw, siapa nama teman di Solo itu?

Salam,
Duto

1 Response to “Anis kembang dan daerah asalnya”


  1. 1 Bambang.sp
    04/02/2009 pukul 1:54 am

    Om mau nanya,saya awam msl burung tapi saya tertarik dg anis kembang.dengan dana terbatas saya kepingin punya.kira2 dimana saya bisa dapet anakan AK?harganya berapa?trus klw yang bahan tangkapan dewasa berapa om.trim.

    Jawab:
    Om kalau mau berhobi burung dan sedang mempertimbangkan mau beli apa, maka saya sarankan beli burung jangan asal beli. Beli saja hasil tangkaran. Meski harganyab agak mahalan sedikit, tetapi kita akan puas dan nggak banyak stress dalam merawatnya.
    Sebaiknya, sebelum Om memutuskan, mohon dengan sangat dibaca tips saya yang bisa diklik di sini.

    Salam,
    Duto Solo.


Tinggalkan Balasan

