16
Jan
09

Agar AM mau bunyi meski dilihat orang

Ceritanya begini om, saya beli burung anis merah 2 ekor dari pedagang di PB Pramuka kira-kira 2 bulan yang lalu. Setelah dibeli keesokan harinya satu burung ngeriwik tetapi ngeriwiknya apabila mendengar suara jetpam sanyo dan suara hujan saja. Terus kalau melihat orang burung tidak mau bunyi. Pagi burung dijemur sampai jam 7.30 mandi sore hari saja setiap hari. Makan jangkrik pagi 3,sore 2. Cacing 1 pagi sore, pisang kepok setiap hari, kroto seminggu sekali. Untuk cacing dan pisang kepok baru berjalan sebulan terakhir. Bagaimana caranya supaya cepat gacor dan tetap mau bunyi kalau lihat orang? Untuk burung yang satunya lagi baru keluar suara treeet…treeet….treeet…dan kalau lihat orang sayapnya ngegleper. Apa ini tandanya cewek? Terima kasih om.

Yudi

Jawab:
Anis merah (juga AK) memang suka ngangkat suara kalau ada suara rangsangan lain. Coba saja sering-sering distelkan kaset suara burung isian seperti LB, ciblek, cucak jenggot atau cililin. Jangan suara burung AM dewasa.
Untuk membuat dia lebih berani bunyi, gantungkan di tempat dekat orang lalu lalang, misalnya dekat pintu dapur (biasanya juga dekat dengan pompa sumur).
Untuk yang cuma nyrecet, belum tentu betina. Coba rawat seperti sediakala. Ada burung yang cepat bunyi tetapi banyak juga yang baru setelah lama dipelihara mau bunyi.
Untuk buahnya, kalau bisa, diselangseling dengan pepaya/kates. Itu lebih bagus untuk AM.
Okey?
Salam,
Duto


1 Response to “Agar AM mau bunyi meski dilihat orang”


  1. 1 louis
    20/01/2009 pukul 7:54 pm

    om aku nanya soal am jg ya, sorry kalo banyak nanya, saya ada am tiga dan sdh salah perawatannya krn jika kasih jangkrik sy lgs pake tgn ke cepuknya tanpa brg dimasukin ke kandang mandi, jdnya jk liat sy tdk mau bunyi, jika org lain ttap bunyi,
    am 1 : brg ini beberapa x juara di latber, skrg sayapnya patah ( 1th yg lalu )dan sdh pulih tp tdk bisa maksimal krn sayapnya jd turun, 2bl yg lalu sy bw ke latber waktu di panasin brg bunyi n teler full (10mnit), tp wkt digantang sama sekali td bunyi hanya diam saja, skrg brg sedang mabung sdh 1bln tdk pernah sy mandiin n jemur hanya bersihin kotorannya, full kerodong, efnya jangkrik 3/3; kroto 2hr sekali 1sdm + cacing 2, tanpa buah, tdk pernah sy mandiin n jemur, menurut pengalaman om apakah am bisa moncer lg jk kondisinya sdh cacat.

    am 2 : selalu bunyi jk tdk ngeliat sy, krn bunyi terus di lap jd gembos, menurut saran tmen2 di km jgn dikerodong dulu biar ga selalu bunyi, tp ttap aja bunyi & teler, efnya saat ini jangkrik 1/2; buah tiap hari pisang/pepaya, kira2 apakah brg ini mmang tipikalnya rumahan jd kalo di bawa ke lapangan jd gembos, krn jika memang hanya untuk rumahan sy tdk mau bw ke latber kasihan takut stres.

    am 3 : 3bln yg lalu brg ini br selesai mabung, 1 mg ini byk yg rontok lagi bulu halus + sayap,apa sebaiknya di full kerodong aja om, kalo sy kasih kroto banyakan masalah ga ya om maksudnya biar rontoknya lebih cpat. 2 mg sebelum bulunya rontok sy semprot dgn anti kutu di keramba,jdnya ga mau msuk keramba mandi lg, ada cr ga om biar setelah mabung mau masuk keramba mandi lg. thx

    Jawab:
    1. Bisa. Lanjutkan saja ngrawatnya. Kalaupun ada “kekurangan” itu hanya di masalah harga jika akan ditransfer. Sebab, sebagus apapun burung yang cacat, harganya tidak bisa ngangkat setinggi burung normal.
    2. Karena AM sudah kelewat manja dan nggak bunyi kalau Om kelihatan, ya kalau di arena lomba pun Anda jangan melihat tampilnya. Coba minta teman lain untuk menggantangkannya.
    3. Diterapi mabung saja karena ada kemungkinan burung dulu mabungnya tidak tuntas.Atau bisa jadi kondisi bulu menjadi demikian karena ada pengaruh dari obat kutu. Untuk nglatih karamba, ya nanti dilakukan setelah terapi mabung saja. Ada beberapa cara kok.

    Salam,
    Duto Solo


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: