16
Jan
09

AK luka dan ciri burung yang sudah bunyi

Met sore Om.
slamet tahun baru neh. saya mo curhat lagi boleh ya? sblmnya trimakasih Om buat tanggapan2nya yg kmrn2. bgini Om ceritanya, saya punya AK msh giras. baru dibeli 5 hari yg lalu. waktu msh di pedagang, burung tenang n kalem. tp bgitu sampai di rumah nabrak2 sangkar. kira2 3 hari yg lalu, mata yg sbelah kiri sering tertutup kelopaknya. nah baru tadi pagi saya perhatikan. tnyata ada lecet di lensa matanya kira2 sbesar pentol korek api. pd waktu sore harinya berubah menjadi ke-putih2an(seperti katarak). bisa sembuh ga’ Om. apa penyebab dan obatnya?. utk AK yg punya mental bagus dan bsuara tebal, ciri2 khususnya apa Om?saya kepengen banget punya AK yg gacor, suaranya keras, dan mentalnya bagus. tp sayang dananya tbatas. pengennya sih dgn harga murah dpt burung yg bagus. tapi yg ada saya malah dibo’ongin sama tukang burung. burung giras dibilang sudah ngplong. saya percaya aja lagi. nasib. . nasib. . trimakasih banyak ya Om buat waktunya.

Jawab:

Untuk luka bisa digunakan antibiotik untuk memberi daya tahan dan penyembuhan. Untuk antibiotik bisa digunakan antibitoik khusus burung/unggas yang dijual di pet shop/kios pakan burung. Banyak merk yan bisa dipilih. Tanya saja ke penjualnya, obat apa yang paling laris.
Gunakan sesuai aturan pakai yang tertera di kemasannya.
Kalau kelopak mata sampai robek, apalagi berubah putih, maka sulit dipulihkan.
Ciri AK yang cepat bunyi, malah yang cenderung bulat bodynya. Banyak yang mengatakan bahwa AK yang “bulat” tidak bagus dengan alasan body jelek. Tetapi menurut pengamatan saya, justru AK yang “nyempluk” (bentuk mbulat) kecil yang cepat bunyi ngerol dan tahan lama ngerolanya.
Kalau AK yang bodynya panjang, terlihat gagah, biasanya sulit settingannya.
Ya jer basuki mawa bea memang ya Om? Hehehehe…
Salam,
Duto Solo

Met malam Om. benar aja kata si Om. kmrn lusa saya baru beli lagi AK yg gacor seharga 900rb. (kemahalan ga’ ya?). burung besar, bodi bagus (panjang & gagah), volume suara keras. tapi sayang ngerollnya pendek. paling cuma 1-2mnt. trus ngaso sbentar, trus baru ngeroll lagi 1-2mnt lg. cara setting yg bagus supaya ktemu ngerollnya panjang bagaiamana Om? trus yg saya bingung koq bulu badan yang di samping sayapnya bwarna kcoklatan? tidak seperti AK saya yg giras itu Om. warnanya abu2. bodi kecil dan “nyempluk” (persis seperti yg digambarkan sama Om). tapi sayang matanya luka. skrg lensa matanya sudah tertutup warna putih smua. spertinya sudah buta. (saya jadi pengen sedih dan merasa bersalah). perawatanya waktu baru2 putih sedikit saya kasih tetes mata cendo citrol. tapi krn tdk ada prubahan dan tambah parah skrg saya oles salep mata erlamicetin shari 2x. perlu diterusin ga’ Om ? soalnya kalo matanya ttutup, di kelopak matanya masih bwarna ke-merah2an seperti infeksi. terimakasih banyak Om.

Jawab:
Ikut prihatin dengan kondisi AK Anda nih.
AK gacor Rp. 900rb murah itu Om. Soal warna AK, memang bisa berbeda sesuai dengan daerah asal. Demikian juga dengan besaran body. Cuma, itu pasti AK kan? Bukan anis macan atau ampenan yang memang bersuara seperti AK? Kalau sudah pasti, nggak apa ngerol2 pendek. Kalau kondisi fit atau sudah ada penyesuaian dengan tempat/lingkungan baru, pasti akan panjang2 juga.
Untuk settingan agar ngerol panjang2 ya nggak ada cara yg khusus. Asal rawatan bagus dan sudah tidfak stress juga dalam kondisi birahi, dia akan ngerol panjang2.
Soal pengobatan mata AK, ya seperti pernah saya sampaikan, nggak bisa ketolong sepertinya. Cuma kalau di kelopak ada warna merah karena infeksi, sekalian diberi minum antibiotik saja. Untuk merk, bisa tanya ke petshop atau kios pakan burung. Gunakan sebagaimana aturan pakainya. Antibiotik berguna untuk mencegah infeksi meluas dan menyembuhkannya.
Untuk obat mata, tidak perlu diberikan lagi karena sudah nggak mungkin “ngejar” memulihkan bola mata burung yang telanjur memutih.

Salam,
Duto


0 Responses to “AK luka dan ciri burung yang sudah bunyi”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: