16
Jan
09

Asal AK, kapan ngerol dan ngeplongnya

Wah saya jadi tambah bingung neh mendengar oenjelasan dari Om soalnya ciri2 AK saya hampir mencakup semua yang diterangkan sama Om untuk ukuran body cenderung bongsor (spt dari sumba) tapi menurut warna bulu, putih pada sayap ngblok dan di bagian bawahnya putus2, pada samping dada di bawah sayap kuning kecoklatan spt AK remaja (spt dari kalimantan) sedangkan menurut pedagangnya dari sukabumi (tapi kalo ngroll nggak dongak ke atas) gmn neh Om?

Sebenarnya sih nggak ada bedanya buat saya dari daerah mana cuma saya penasaran pengin tau aja gpp kan? trus kalo ngplong cuma di pagi hari doang waktu baru buka krodongan itu pun nggak lama setelah itu sampai sore cuma ngroll2 aja dah lumayan panjang sih Om tp msh suka putus2 dan lagi kalau ditempel sama burung kacamata, lama2 bisa jadi diam spt kalah mental masa iya AK bisa kalah sama kacamata?(apa dia kecapean)kebetulan kacamata nya rollnya lumayan keras gimana ya Om supaya siang/sore bisa ngplong2 juga? btw kenalan saya yg orang solo itu tinggal di jakarta juga langgangan saya di pasar Om apa sih Om artinya “jer basuki mawa bea”?kalau gak salah “setiap yang bagus membutuhkan biaya” ya Om?bener ga’? terima kasih banyak ya buat waktunya.

Jawab
Karena soal asal tidak masalah, ya memang demikian seharusnya. Yang penting mau bunyi dan membuat hati tenteram. Kalau soal bunyi tidak mendongak, nggak masalah. AK ngerol ndongak biasanya kalau pas ngerol di depan AK lain yang juga ngerol atau habis didekatkan AK cewek.
Soal ngeplong dan ngerol, sebenarnya yang ditungu penghobi AK adalah ngerolnya bukan ngeplongnya. Soalnya, kalau ngeplong memang cenderung terdengar keras sementara kalau ngerol pasti volumenya nggak sekeras kalau ngeplong. Hanya saja, memang itulah yang dicari. AK ngerol terdengar merdu di telinga sementara ngeplong kadang memekakkan telinga kalau AK ada di dalam rumah.
Di ajang lomba, AK ngerol yang dinilai bagus, sedangkan yang cuma ngeplong-ngeplong akan dinilai kurang.
Kalau diam ketemu burung kacamata, bisa jadi memang lelah, tetapi kalah mental juga bisa. Jangan dikira masalah mental tergantung dari besar-kecilnya burung Om. Dalam kondisi tertentu, MB kadang bisa kalah kok disemprot sama suara tembakan tledekan misalnya. Juga bisa ngedrop. Karena itu, ya pisahkan agak jauh keduanya.
Soal jer basuki mawa bea, ya kira-kira begitulah artinya.
Salam,
Duto Solo


1 Response to “Asal AK, kapan ngerol dan ngeplongnya”


  1. 03/02/2009 pukul 9:59 pm

    sy punya Ak trotolan 2hr yg lalu,dan AK tsb 2EKOR didapat dari sarangnx dhutan,swaktu jatuh saat belajar terbang, di daerah sy dkalimantan?cirinx mata melotot,paruhnx sangat dekat dgn mata,saat berdiri 45 derajat mendangak,cengkraman kuat,dan udah bz makan voer,tp yg agk muda mzh mkn voer dcampur air,tp yg satu ini byk diam dan agak kurang mendangak?pakah AK sy betina dua-duanya om?

    Jawab:
    Wah Om, kalau untuk menlihat apakah AK itu jantan atau betina tanpa melihat langsung burungnya, pasti tidak bisa tepat. Mengapa?
    Sebab, anis kembang termasuk burung monomorphic yang tidak menunjukkan perbedaan pada tampilan bulu maupun bentuk badan.
    Untuk lebih jelasnya, bisa di-klik di sini.

    Salam,
    Duto Solo


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: