16
Jan
09

Kenari dan umbaran

Mas Duto kenapa KN usia 3-4 bulan dikurangi porsi umbarannya? tadinya saya mau pindahin KN saya ke kandang CR, sekalian buat kandang umbaran.
fungsi kroto pada KN hanya untuk ngerontokin bulu atau apa?
ada gak sih makanan yang bisa bikin KN cepet bunyi/gacor?

Jawab:
Jika sampai umur 3-4 bulan sudah selalu diumbar, itu sudah cukup untuk membuat otot-otot kenari berkembang maksimal.
Mulai usia itu, sebaiknya dikurangi umbarannya. Kenari atau burung apa saja yang terlalu banyak umbarannya, tarungnya malah nggak stabil. Kadang bagus tetapi malah banyak jeleknya, atau banyak loncat-loncat kesana kemari kalau ditarungkan.
Untuk treatmen agar burung fit dan sehat cukup dengan pengaturan pola makan, mandi dan jemur yang baik saja.
Coba simak kembali tulisan saya tentang “Kunci Utama Perawatan Burung” dan “Stop Pakan Sebelum Kenyang”. Atau juga “8 dari 10 Jawara tidak memerlukan umbaran”.
Cari saa melalui fasilitas “search box”.
Salam,
Duto


3 Responses to “Kenari dan umbaran”


  1. 1 sahrul
    30/01/2009 pukul 3:26 am

    om saya pemula pecinta kenari, sekitar 2 minggu yang lalu saya beli kenari, kata yang jual seh jantan semua,,, tapi yah namanya orang jual kadang benar kadang ngga,,,yang saya mau tanyakan apakah kenari usia 1-2 bulan bisa bunyi dan bagimana bunyi antara jantan dan betinya, n bagai mana biar cepat bunyi..
    Jawab:
    Usia 1-2 bulan baru ngriwik/ngreceki saja. Usia segitu, untuk yang jantan biasanya siudah ngriwik. Tetapi ada njuga betina anakan yang juga ngriwik. Bunyi jantan dan bertina kalau ngriwik sama saja. Hanya saja kalaupun ada betina yang ngriwik, suaranya pelan, terputus-putus, dan tidak sesering jantan.
    Untuk referensi mengenai memilih kenari, coba baca di sini dan di sini
    Salam,
    Duto Solo.

  2. 2 bayu gunawan
    08/02/2009 pukul 9:11 pm

    hai om…
    om saya mau nanya, saya di rumah punya burung kenari warna nya kuning. yang jadi masalah kenapa ya kenari saya kalau barengin ama kenari temen-temen selalu nempel trus ke kandang. pada hal saya udah beli kenari betina, soal nya kata temen saya jodohin aja. tapi ga ada perubahan sama sekali.
    saya minta saran nya ma om duto.

    Jawab:
    Nempel terus di kandang bagaimana ta Om maksudnya?
    Tolong deh lebih jelas ya, saya tunggu.

  3. 3 bayu gunawan
    09/02/2009 pukul 7:54 pm

    gini om kemarin kan saya nyoba kenari saya ma temen2.
    kenari saya kalau bunyi di bawah trus ga mau di tangkringan?


Tinggalkan Balasan

